Kompas TV nasional hukum

Soal Kasus Polisi Banting Mahasiswa, Propam akan Periksa Kapolres Kota Tangerang dan Kapolda Banten

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 20:00 WIB
soal-kasus-polisi-banting-mahasiswa-propam-akan-periksa-kapolres-kota-tangerang-dan-kapolda-banten
Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo (Sumber: Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Divisi Profesi dan Pengamanan tidak hanya memeriksa Brigadir NP, Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro dan Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho juga akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri untuk melakukan pemeriksaan terhadap pimpinan dari Brigadir NP, anggota Polri yang membanting mahasiswa saat pengamanan demonstrasi di kompleks Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Menurut Sambo, pemeriksaan pimpinan dari Brigadir NP untuk mengetahui apakah ada indikasi kesalahan managerial yang dilakukan oleh Kapolres di wilayah anggota tersebut bertugas dan Kapolda Banten.

"Itu nanti akan kita koordinasi dengan Itwasum terkait dengan managerial. Apakah nanti ada rentang kendali dari pimpinan satuan wilayah di dua tingkat ini yang tidak berjalan atau tidak, ini masih kita koordinasikan," ujar Sambo, Selasa (19/10/2021). 

Baca Juga: Polisi Pembanting Mahasiswa Ditahan Propam Polda Banten

Sambo menambahkan Brigadir NP saat ini sudah ditahan di Polda Banten. Ia juga mempersilakan korban untuk melaporkan NP atas dugaan tindak pidana jika merasa dirugikan. 

Sambo memastikan bakal memproses laporan korban dan tidak akan tebang pilih meski yang melakukan pelanggaran merupakan anggota Polri.

"Dan kita akan proses, kita tidak akan ragu-ragu akan itu," ujar Sambo.

Sebelumnya, Brigadir NP telah meminta maaf atas tindakannya membanting MFA, mahasiswa UIN Maulana Hasanudin. MFA dibanting Brigadir NP dalam demonstrasi yang digelar aliansi BEM se-Kabupaten Tangerang, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Polisi Paksa Periksa Ponsel Warga, Anggota DPR Minta Propam Selidiki

Permohonan tersebut disampaikan langsung kepada MFA yang dihadirkan di Polres Kota Tangerang, Rabu (13/10/2021) malam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x