Kompas TV nasional berita utama

Apa Iya Solar Langka? Pertamina Jamin Stok Aman, Masyarakat Diimbau Beli BBM Sesuai Kebutuhan

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 19:54 WIB
apa-iya-solar-langka-pertamina-jamin-stok-aman-masyarakat-diimbau-beli-bbm-sesuai-kebutuhan
ilustrasi SPBU Pertamina dengan harga BBM Pertalite, Premium, dan Solar. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rumor solar langka dijawab oleh Pertamina dengan memastikan bahwa pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk masyarakat hingga saat ini masih aman.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations PT Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir soal kebutuhan BBM, baik jenis gas oil (diesel) seperti solar maupun gasoline (bensin).

Hanya saja, Fajriyah menambahkan, pihaknya mencatat ada peningkatan konsumsi di gas oil yang didominasi oleh solar subsidi.

"Sepanjang semester I 2021, (konsumsi solar subsidi) tercatat sebesar 37.813 kiloliter per bulan," ungkap Fajriyah dikutip dari Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Terjadi Kelangkaan Solar di Sejumlah Wilayah, BPH Migas Diminta Segera Bertindak

"(Jumlah tersebut) terus meningkat hingga mencapai 17 persen pada bulan September atau sekitar 44.439 kiloliter," imbuhnya.

Sedangkan, pada sektor gasoline, BBM jenis Pertamax menjadi yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat selama paruh pertama 2021 dengan rerata mencapai 12.586 kiloliter.

Lebih lanjut, hingga September 2021, angka tersebut dilaporkan mengalami peningkatan sebanyak 49 persen menjadi 18.840 kiloliter.

Kendati demikian, Fajriyah kembali mengimbau kepada masyarakat agar membeli BBM sesuai kebutuhan karena stoknya saat ini masih dalam taraf cukup.

Baca Juga: Warga Riau Antre Beli Solar karena Langka, Menteri ESDM: Saya Enggak Tahu, Apa Bocor?



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.