Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Selatan Buka Pameran Pertahanan, Diwarnai Peluncuran Rudal Balistik Kapal Selam Korea Utara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:00 WIB
korea-selatan-buka-pameran-pertahanan-diwarnai-peluncuran-rudal-balistik-kapal-selam-korea-utara
Mock up jet tempur KF-X Korea Selatan yang dipamerkan di Seoul hari ini. (Sumber: Straits Times)

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Selatan memulai pameran industri pertahanannya yang terbesar hari Selasa (19/10/2021), memamerkan jet tempur, drone, dan teknologi terbaru dalam upaya meningkatkan ekspor seiring pulihnya ekonomi di seluruh dunia dari pandemi Covid- 19.

Seperti dilansir Straits Times, upacara pembukaan Pameran Luar Angkasa dan Pertahanan Internasional (ADEX) di pangkalan udara Seoul dibayang-bayangi peluncuran rudal balistik Korea Utara yang diluncurkan dari kapal selam.

"Meskipun ada situasi Covid-19 tahun ini, kami berharap pemasaran dan ekspor produk yang dikembangkan perusahaan dalam negeri (yang ada) di ruang pameran, yang telah diperluas dari (pameran) tahun lalu," kata pejabat ADEX Lee Jong-ho kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Sedikitnya 440 perusahaan dari 28 negara memamerkan 79 jenis pesawat dan 68 jenis kendaraan militer darat.

Sekitar 300 pejabat pemerintah, militer dan pertahanan dari 45 negara diperkirakan akan menghadiri acara tersebut, yang berlangsung hingga Sabtu.

Sedikitnya 170 tentara Amerika Serikat dikerahkan untuk memamerkan pesawat militer Amerika, kata Angkatan Udara Amerika Serikat dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Prabowo dan Jokowi Hadiri Peluncuran Jet Tempur KF-X Kerja Sama Korsel-Indonesia

Gambaran artis dari IF-X, versi Indonesia dari KF-X yang baru diluncurkan di Korea Selatan (Sumber: Wikipedia/PT. Dirgantara Indonesia)

Pekan lalu, pejabat Korea Aerospace Industries menolak memberi komentar kesepakatan ekspor potensial untuk jet tempur KF-21 dan Helikopter Serbu Ringan, tetapi mengatakan kedua program berjalan sesuai rencana.

Korean Air mengatakan sedang menampilkan drone dengan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal, sementara "pusat ruang angkasa" di pameran itu menampilkan komponen program luar angkasa Korea Selatan, yang diharapkan mendapat dorongan dengan kendaraan peluncur luar angkasa pertamanya yang direncanakan hari Kamis.

Korea Utara, yang mengeluhkan pengembangan senjata Korea Selatan bisa mengacaukan semenanjung, menunjukkan kemampuan pertahanan mereka minggu lalu.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19