Kompas TV video sinau

Awas! Fenomena Panjat Sosial dalam Lingkaran Pergaulan

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 17:50 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Manusia pada dasarnya butuh interaksi dengan orang lain. Salah satunya misalnya, masuk atau membuat lingkaran pertemanan. Dengan semangat saling membantu dan mendukung satu dengan yang lainnya. Dalam lingkaran pertemanan, baiknya dilandasi hati yang tulus. Sayangnya, ada pertemanan yang cenderung didasari oleh kepentingan menaikan status mereka sendiri.

Orang-orang ini dikenal dengan sosial climber atau panjat sosial. Melansir kompas.com panjat sosial adalah, istilah untuk orang yang memanfaatkan pertemanannya, untuk meningkatkan status sosialnya. Mereka cenderung berteman dengan orang yang diyakini populer.

Perilaku panjat sosial berasal dari rasa kurang percaya diri dan tendensi membandingkan diri dengan orang lain.

Ciri-ciri orang panjat sosial

1.Memegang kendali dalam kelompok pertemanan. Mereka, tidak ragu membuang, mengganti teman dalam kelompok, agar posisinya tetap aman di dalam lingkaran pertemanan itu.

2.Tidak dapat dipercaya, masalahnya, mereka melakukan segala cara untuk sampai ke puncak. Bahkan cara yang kurang menyenangkan.

3.Kurang empati, biasanya, sosial climber narsis dan egois. Mementingkan diri sendiri, agar tetap terlihat di kelas atas.

4.Senang memanfaatkan teman, seringnya, menggunakan prestasi, ketenaran orang lain untuk keuntungan pribadi.

5.Penampilan nomor satu, mereka, berusaha keras berpenampilan layaknya orang yang status sosialnya tinggi.

6.Selektif dalam memilih teman, selalu berusaha untuk masuk dalam lingkaran orang “penting’’. Agar ikut dianggap orang penting, padahal sesungguhnya bukan. 

Baca Juga: 5 Tips Memompa ASI untuk Wanita Pekerja

https://www.kompas.tv/article/223197/5-tips-memompa-asi-untuk-wanita-pekerja 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.