Kompas TV otomotif tips & trick

Tips Mencegah Aksi Curanmor, Lakukan Empat Hal Ini kepada Motor Anda

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:43 WIB
tips-mencegah-aksi-curanmor-lakukan-empat-hal-ini-kepada-motor-anda
Sepeda motor milik terduga pelaku percobaan pencuriaan diikat dan dilas ke sebuah tiang listri di Dusun Kertanegara, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Kamis (15/4/2021). (Sumber: (KOMPAS.COM/CANDRA NUGRAHA))

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pencurian sepeda motor (curanmor) cukup marak terjadi di Indonesia. Sepeda motor menjadi komoditas berharga yang tak jarang diincar pencuri.

Aksi curanmor sering terjadi pada malam hari, ketika pemilik motor sudah terlelap. Motor yang tak diamankan dengan baik di daerah yang minim penjagaan dapat menjadi mangsa empuk maling.

Tentu setiap pesepeda motor enggan motornya dicuri. Sebagai pemilik, ada baiknya menerapkan langkah pencegahan agar motornya tidak dicuri.

Baca Juga: Pelaku Curanmor Gagal Total, Tepergok Korban dan Dikeroyok Warga

Berikut empat tips untuk menghindarkan motor Anda dari target pencurian. Empat cara ini akan menyulitkan maling yang mengincar motor Anda.

1. Kunci setang ke arah kanan.

Baiknya arahkan dulu setang motor ke arah kanan sebelum mengunci setang. Posisi ini lebih aman dibanding kunci setang yang mengunci ke arah kiri.

Pasalnya, kunci setang ke arah kanan menghalangi maling membobol lubang kunci dengan kunci T. 

“Posisi tersebut (setang ke kiri), lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga, waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat,” ujar Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Depok, Ribut Wahyudi kepada Kompas.com.

2. Pasang kunci pengaman tambahan.

Anda bisa memasang kunci pengaman tambahan seperti kunci gembok cakram rem hingga pengunci setang dengan tuas rem. Kunci ganda akan membuat motor Anda lebih sulit dimaling.

Kunci tuas rem efektif mempersulit pelaku curanmor. Kunci ini mengunci tuas rem dan tuas gas dalam satu pengunci. Sehingga, walaupun kunci setang sudah dibobol, motor tidak bisa dijalankan karena tuas gas terkunci dengan tuas rem.

3. Mencabut CDI.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19