Kompas TV regional berita daerah

PPKM Turun ke Level 2, Seluruh Tempat Wisata Bantul Kembali Buka

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 17:26 WIB
ppkm-turun-ke-level-2-seluruh-tempat-wisata-bantul-kembali-buka
Objek Wisata Pinus Asri Mangunan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Seluruh objek wisata di Bantul akhirnya kembali dibuka menyusul penurunan level PPKM. (Sumber: KOMPAS.com/MARKUS YUWONO)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Seluruh objek wisata di Bantul, termasuk wisata pantai, akhirnya dibuka kembali seiring dengan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta yang turun dari level 3 ke level 2. Penurunan level PPKM secara otomatis diikuti banyak pelonggaran aktivitas di Bantul.

Penurunan level PPKM di Bantul lebih cepat dari yang ditargetkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul. Sebelumnya, Pemkab Bantul memperkirakan penurunan PPKM ke level 2 pada akhir Oktober 2021.

“Objek wisata boleh buka dengan kapasitas 25 persen dari daya tampung dan harus menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Karang Taruna Bantul Punya Motif Batik Khusus untuk Seragam

Selain itu, syarat utama membuka objek wisata di Bantul adalah menerapkan QR code lewat aplikasi PeduliLindungi.

Bupati Bantul tidak menampik, sampai sejauh ini masih ada sebagian objek wisata yang masih menunggu sertifikat CHSE (Cleanliness [Kebersihan], Health [Kesehatan], Safety [Keamanan], Environment Sustainability [Kelestarian Lingkungan]) turun. Meskipun demikian, persyaratan serfitikat CHSE untuk jangka panjang dan tidak terkait dengan pandemi Covid-19.

Selain objek wisata, Pemkab Bantul juga melonggarkan jam operasional restoran dan kafe sampai pukul 00.00 dengan jumlah pengunjung 50 persen, area publik 25 persen, dan resepsi pernikahan 50 persen dari daya tampung.

Baca Juga: Curhat Ibunda Rian Ardianto, Atlet Peraih Piala Thomas yang Berasal dari Bantul

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.