Kompas TV nasional politik

Relawan Jokowi Bocorkan 3 Nama yang Pantas Gantikan Jokowi

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 16:04 WIB
relawan-jokowi-bocorkan-3-nama-yang-pantas-gantikan-jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Yakin 2-3 Tahun Kedepan Industri Mobil Listrik Banyak Bermunculan di Tanah Air (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Sejumlah nama dinilai pantas menggantikan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika masa pemerintahannya akan habis pada 2024 mendatang. 

Ketua Umum Relawan Balad Jokowi M Muchlas Rowi menyebutkan, setidaknya ada tiga nama yang dinilai karakternya cocok dengan politikus PDIP tersebut. 

Ketiganya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Erick Thohir dan Puan Maharani.

Baca Juga: Maulid Nabi, Jokowi Ajak Tingkatkan Kepedulian di Tengah Pandemi Covid-19
 
“Nama pertama dan kedua, adalah sosok pekerja keras, jika keduanya diduetkan akan menjadi kekuatan dahsyat untuk bangsa ini. Perpaduan antara penganut populisme dan pragmatisme, keduanya akan sangat taktis namun akomodatif terhadap aspirasi publik,” kata Muchlas seperti dilansir Antara, Selasa (19/10/2021).

Ia menjelaskan, nama Puan Maharani tak dapat dipandang sebelah mata. Jika dipasangkan dengan format bagaimanapun, maka anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu dinilai juga amat potensial.
 
Menurut dia, sosok Puan Maharani di bawah asuhan ibundanya, Megawati, dia tumbuh jadi pemimpin yang punya pengetahuan politik yang kuat. 

Sementara melalui ayahnya Taufik Kemas, Puan mewarisi kepiawaian untuk merajut silaturahmi kebangsaan.
 
“Warisan kepemimpinan yang dimiliki Puan ini tentu saja penting, agar bangsa ini di masa depan tidak lupa sejarah dan gagap menghadapi perbedaan,” katanya.
 
Ia mengatakan, perhelatan Pilpres 2024 memang masih sangat jauh. Namun sejauh mana pun dipandang, maka kekuatan politik atau siapa pun yang siap meneruskan kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin haruslah mempersiapkan diri dari sekarang.

Baca Juga: Jokowi Diminta Tak Lantik Nyoman Adhi Suryadnyana sebagai Anggota BPK, Ini Alasannya
 
Relawan Balad Jokowi yang di Pemilu 2019 ikut berjuang di akar rumput meyakini, kesiapan para penerus kepemimpinan bangsa ini bukan hanya membuka jalan tetapi juga membuka dukungan yang mungkin dapat dipertimbangkan oleh para simpatisan, relawan sekaligus masyarakat.
 
“Jika sudah ada yang siap dan dinilai layak, maka sebaiknya siapa pun mulai mempersiapkan diri, jangan malu-malu. Karena dengan begitu, kita jadi tahu apa yang bisa dilakukan, dan bisa membuka dukungan dari siapa pun,” kata Muchlas.
 
Ia menyatakan, penerus kepemimpinan Jokowi memerlukan sosok-sosok segar yang tak cuma populer di kalangan masyarakat, namun juga pekerja keras dan punya kreativitas ketika menjalankan tugasnya sebagai pemimpin.

Baca Juga: Kunjungi Kaltara, Jokowi Tanam Pohon Mangrove Bersama Dubes dan Penggiat Lingkungan
 
Mereka, kata Muchlas, adalah sosok-sosok yang mampu membawa Indonesia melewati era digitalisasi, yang sanggup menghemat banyak hal, serta efektif dan efisien di segala bidang.
 
Kemudian, juga sosok yang benar-benar akomodatif terhadap perubahan teknologi serta mampu mengakomodasi kekuatan politik, ekonomi dan sosial yang ada.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x