Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ibu Kota Negara Mau Pindah, Apa Pengaruhnya Terhadap Pasar Properti Jakarta?

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:44 WIB
ibu-kota-negara-mau-pindah-apa-pengaruhnya-terhadap-pasar-properti-jakarta
Tangkapan layar dari akun Twitter Presiden Joko Widodo terkait pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. (Sumber: akun Twitter @jokowi )

JAKARTA, KOMPAS.TV- Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) menilai pasar properti di kawasan Jabodetabek akan tetap diminati investor meskipun ada rencana pemindahan Ibu kota negara (IKN).

Head of Research JLL Yunus Karim mengatakan, industri saat ini masih dalam tahap wait and see terkait rencana pemindahan ibu kota. Lantaran pemindahan IKN ke Kalimantan Timur rencananya baru akan dimulai secara bertahap pada 2024.

“Jadi masih wait and see sampai nanti waktunya tiba di 2024, saat mulai pemindahan ibu kota. Dengan demikian, sampai nanti waktunya tiba baru kita akan melihat bagaimana pemindahan IKN tersebut berpengaruh terhadap harga properti dan tanah, baik di Jakarta maupun Kalimantan Timur,”  kata Yunus dalam konferensi pers virtual, Selasa (19/10/2021).

Menurut Yunus, properti di Jakarta dan sekitarnya masih akan tetap diminati investor. Wilayah tersebut tetap akan menjadi pusat bisnis, meskipun IKN pindah ke Kalimantan Timur.

Baca Juga: Ini Isi RUU IKN yang Kini Sudah di Tangan DPR

“Untuk optimisme pasar properti di kawasan Jabodetabek jika dikaitkan pemindahan IKN, dari rencana yang kami dengar memang awalnya difokuskan untuk sektor pemerintahan terlebih dahulu, sehingga kami melihat Jabodetabek saat ini masih menjadi target utama investor yang ingin melakukan investasi,” jelasnya.

Status Jakarta sebagai pusat bisnis akan tetap menjaga pasar properti, khususnya untuk hunian dan pergudangan. Ditambah lagi, hingga kini masih banyak produk hunian dan pergudangan di Jabodetabek yang mendapat respons cukup baik dari pasar.

Pada 29 September lalu, Presiden Joko Widodo telah menyerahkan surat presiden (Surpres) kepada DPR. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Mensesneg Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Suharso menyatakan, pembangunan infrastruktur di IKN sudah dimulai.

Baca Juga: Kenapa Sebaiknya Beli Rumah Sebelum Umur 40? Ini Penjelasannya

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber :



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pameran Usada Rempah

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:25 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:28
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19