Kompas TV bisnis kebijakan

Kartu Debit BCA Non Chip Bakal Diblokir, Nasabah Wajib Ganti Kartu dengan 3 Cara Ini

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 15:23 WIB
kartu-debit-bca-non-chip-bakal-diblokir-nasabah-wajib-ganti-kartu-dengan-3-cara-ini
Ilustrasi perubahan kartu magnetic menjadi chip BCA. (Sumber: Bca.co.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kartu Debit BCA Non Chip tidak akan bisa digunakan lagi untuk bertransaksi per 1 Desember 2021. Oleh karena itu, bagi nasabah BCA diimbau untuk segera mengganti Kartu Debit ke versi Chip.

Penggantian kartu ini akan dibatasi hingga 30 November 2021. Adapun, Kartu Debit non chip ini meliputi Kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip.

Sebab, kartu yang menggunakan tekonologi magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy. Oleh karena itu, risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming lebih besar, dibandingkan Kartu Debit Chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

Ada tiga  cara mengganti Kartu Debit non chip ke versi chip, dirangkum dari laman resmi BCA sebagai berikut:

Baca Juga: Catat! Ini Batas Akhir Penggantian Kartu ATM/Debit Chip: Mandiri, BCA, dan BRI

1. Datang ke Kantor Cabang BCA terdekat

Nasabah dapat datang langsung ke kantor cabang BCA di seluruh Indonesia. Cukup dengan membawa KTP dan Kartu Debit BCA Non Chip yang akan diganti.

2. Melalui Layanan CS Digital BCA

CS Digital adalah layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang. 

3. Hubungi Halo BCA 1500888

Ketiga, dengan menghubungi Halo BCA. Informasi lebih lanjut terkait Syarat dan Ketentuan penggantian Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat menelepon Halo BCA.

Penggantian ini termasuk wajib bagi nasabah BCA, mengingat kartu yang sudah berbasis chip bisa mendukung kenyamanan dan kemudahan transaksi. Apalagi, penggantian atau penukaran dari non chip ke chip ini tidak dikenakan biaya alias gratis.  

Hal ini berkaitan juga dalam mendukung kebijakan Bank Indonesia yang sejak 2015, sudah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Baca Juga: Kartu Magnetic Berisiko Kena Skimming, BCA: Segera Ganti ke Kartu ATM Chip Secepatnya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.