Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik, Kali Ini dari Kapal Selam

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:29 WIB
korea-utara-kembali-tembakkan-rudal-balistik-kali-ini-dari-kapal-selam
Satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, di mana Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM). (Sumber: France24)

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara menembakkan rudal balistik ke laut pada hari Selasa, kata militer Korea Selatan. Ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian uji coba oleh Pyongyang saat utusan khusus Amerika Serikat mendesak digelarnya dialog dengan Korea Utara.

"Rudal balistik tak dikenal" diluncurkan sekitar pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, dalam sebuah pernyataan yang dilansir France24, Selasa, (19/10/2021).

Surat kabar Korea Selatan Joongang Ilbo mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya mengatakan pemerintah "berasumsi bahwa itu adalah tes SLBM," tanpa menjelaskan lebih lanjut. Korea Utara juga telah meluncurkan rudal jenis lain dari daerah itu.

"Intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang menganalisis dengan cermat untuk mendapatkan detail tambahan," kata Kastaf Gabungan Korea Selatan.

Kota pelabuhan Sinpo, tempat rudal ditembakkan, adalah galangan kapal angkatan laut utama Korea Utara dan foto-foto satelit sebelumnya menunjukkan adanya kapal selam di fasilitas tersebut.

Korea Utara diketahui sedang mengembangkan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam atau Submarine Launched Ballistic Missile SLBM, dan sebelumnya melakukan peluncuran di bawah air, meskipun para analis mengatakan salah satunya kemungkinan berasal dari platform terendam daripada peluncuran dari kapal selam.

Baca Juga: Penyelidik PBB: Anak-Anak dan Lansia di Korea Utara Terancam Kelaparan

Satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, di mana Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM). (Sumber: France24)

Semacam perlombaan senjata regional sedang berkembang di semenanjung Korea, dengan Korea Selatan bulan lalu menguji SLBM pertamanya, meluncurkan rudal jelajah supersonik sehingga menempatkan Seoul di antara kelompok elit negara yang mampu melakukan hal tersebut.

Setelah peluncuran hari Selasa, kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan akan mengadakan pertemuan Dewan Keamanan Nasional.

Korea Utara yang bersenjata nuklir dalam beberapa pekan terakhir menguji rudal jelajah jarak jauh, senjata yang diluncurkan dengan kereta api dan apa yang dikatakan sebagai hulu ledak hipersonik, sehingga memicu kekhawatiran global.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV/France24



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19