Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik, Kali Ini dari Kapal Selam

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 12:29 WIB
korea-utara-kembali-tembakkan-rudal-balistik-kali-ini-dari-kapal-selam
Satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, di mana Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM). (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara menembakkan rudal balistik ke laut pada hari Selasa, kata militer Korea Selatan. Ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian uji coba oleh Pyongyang saat utusan khusus Amerika Serikat mendesak digelarnya dialog dengan Korea Utara.

"Rudal balistik tak dikenal" diluncurkan sekitar pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, dalam sebuah pernyataan yang dilansir France24, Selasa, (19/10/2021).

Surat kabar Korea Selatan Joongang Ilbo mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya mengatakan pemerintah "berasumsi bahwa itu adalah tes SLBM," tanpa menjelaskan lebih lanjut. Korea Utara juga telah meluncurkan rudal jenis lain dari daerah itu.

"Intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang menganalisis dengan cermat untuk mendapatkan detail tambahan," kata Kastaf Gabungan Korea Selatan.

Kota pelabuhan Sinpo, tempat rudal ditembakkan, adalah galangan kapal angkatan laut utama Korea Utara dan foto-foto satelit sebelumnya menunjukkan adanya kapal selam di fasilitas tersebut.

Korea Utara diketahui sedang mengembangkan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam atau Submarine Launched Ballistic Missile SLBM, dan sebelumnya melakukan peluncuran di bawah air, meskipun para analis mengatakan salah satunya kemungkinan berasal dari platform terendam daripada peluncuran dari kapal selam.

Baca Juga: Penyelidik PBB: Anak-Anak dan Lansia di Korea Utara Terancam Kelaparan

Satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, di mana Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM). (Sumber: France24)

Semacam perlombaan senjata regional sedang berkembang di semenanjung Korea, dengan Korea Selatan bulan lalu menguji SLBM pertamanya, meluncurkan rudal jelajah supersonik sehingga menempatkan Seoul di antara kelompok elit negara yang mampu melakukan hal tersebut.

Setelah peluncuran hari Selasa, kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan akan mengadakan pertemuan Dewan Keamanan Nasional.

Korea Utara yang bersenjata nuklir dalam beberapa pekan terakhir menguji rudal jelajah jarak jauh, senjata yang diluncurkan dengan kereta api dan apa yang dikatakan sebagai hulu ledak hipersonik, sehingga memicu kekhawatiran global.

Korea Utara juga baru saja menggelar pameran senjata langka, menampilkan rudal balistik internasional raksasa (ICBM) yang terungkap pada parade militer di malam tahun lalu.

Membuka acara tersebut, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang memimpin kemajuan pesat dalam teknologi militer melawan sanksi internasional, menyalahkan Amerika Serikat atas ketegangan di semenanjung Korea. 



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x