Kompas TV nasional kriminal

Rentenir Serang Psikis Nasabah, Polisi Makin Gencar Sapu Pinjol Ilegal!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:00 WIB

KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menggerebek kantor PT Ant Information Consulting yang menjalankan aplikasi pinjaman online ilegal di kompleks Ruko Kelapa Gading, Jakarta Utara.

4 karyawan ditangkap yakni telemarketing, kolektor, dan bagian umum.

Saat penggerebekan, hanya beberapa orang yang berada di kantor, karena kantor memfasilitasi karyawan dengan internet untuk bekerja dari rumah setelah maraknya penggerebekan oleh polisi sebelumnya.

Perusahaan ini menjalankan 4 aplikasi pinjaman online.

Dari penggerebekan, diketahui dalam cara penagihan nasabah, perusahaan ini menggunakan teknik intimidatif termasuk mengirim materi pornografi untuk meneror korban.

Hingga penggerebekan, pinjol ilegal ini telah meminjamkan uang pada 8.000 orang sejak beroperasi pada 2018. 

Sementara, Polda  Jawa Barat akhirnya menetapkan 7 orang tersangka yang juga karyawan pinjol ilegal. Para tersangka ada yang bekerja sebagai HRD dan desk collection.

Sedangkan 79 karyawan lainnya masih berstatus saksi dipulangkan ke Yogyakarta.

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Jabar, pekan lalu, dibantu Polda DIY menggerebek kantor di kawasan Sleman, Yogyakarta, yang dijadikan kantor perusahaan pinjaman online ilegal.

Dari lokasi penggerebekan, polisi mengamankan 86 orang karyawan, 105 komputer, serta 105 telepon seluler.

Perusahaan ini diketahui menjalankan 23 aplikasi pinjaman online ilegal.

Pengungkapan ini berawal dari laporan seorang korban bernama Tedy Mulyadi. Awalnya, Tedy mengaku meminjam Rp 600 ribu pada September lalu.

Namun dalam catatan pinjaman online, ia berhutang Rp 1,2 juta. Tedy mengaku langsung membayar, tetapi tagihan pinjaman terus masuk dan membengkak menjadi Rp 2,8 juta di empat aplikasi berbeda dalam kurun waktu satu bulan.

Tedy mengaku stres dengan teror dan ancaman dari para debt collector. Ia pun malu dan jatuh sakit.

Karena merasa dijebak, ia akhirnya meminta bantuan kuasa hukum dan melapor ke Polda Jawa Barat.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan moratorium penerbitan penyelenggara sistem elektronik untuk membatasi operasional pinjol ilegal.

Menkominfo mengatakan akan bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan aturan dan tata kelola  pengawasan pinjaman online.

Salah satunya dengan moratorium penerbitan izin penyelenggara sistim elektronik untuk pinjaman online yang baru.

Sejak tahun 2018 hingga Oktober 2021 Kemenkominfo menyebut sudah memblokir 4.874 akun.

Sementara hanya ada 107 pinjaman online yang telah terdaftar di OJK.

Penulis : Reny Mardika

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19