Kompas TV klik360 sinau

Apa Itu Kejahatan SIM Swap dan Bahayanya Bagi Pemilik Ponsel

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:30 WIB

KOMPAS.TV – Setiap pengguna ponsel sebaiknya mewaspadai kejahatan SIM Swap. SIM Swap adalah metode kejahatan dengan pengambilalihan SIM card untuk digunakan mengakses beberapa data pribadi korban, yang biasanya dilakukan dengan cara mengirim link yang nanti diakses oleh korban.

Ketika terkena SIM swap, nomor ponsel korban yang aktif dan berlaku akan berpindah tangan ke pelaku, dan digunakan untuk mengambilalih akses perbankan milik korban.

Melalui akun Instagram resminya, Kemenkominfo memperingatkan masyarakat agar berhati-hati dan selalu memperhatikan keamanan privasi ketika mengakses media sosial.

Lalu, apa yang akan terjadi jika terkena SIM Swap?

1. Pelaku kejahatan akan mengumpulkan informasi perbankan personal milik korban.

2. Pelaku akan menuju operator seluler dan meminta penggantian kartu SIM baru milik korban.

3. Setelah melalui proses dan tersertifikasi, kartu SIM pengganti (baru) akan diterbitkan.

4. Secara otomatis kartu SIM yang ada di ponsel korban akan dinonaktifkan. Dan pelaku bebas mengakses jalur perbankan milik korban yang tersambung ke nomor SIM card.

Agar terhindar dari kejahatan SIM swap, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan menurut Kemenkominfo, di antaranya:

1. Tidak membagikan informasi pribadi seperti username, password, PIN, dan masih banyak lagi kepada siapapun.

2. Selalu berhati-hati terhadap pihak yang mengaku berasal dari otoritas berwenang namun yang meminta data-data pribadi.

3. Jangan asal klik pesan berupa link atau tautan, karena bisa jadi itu metode kejahatan SIM swap.

4. Aktifkan notifikasi perbankan melalui email atau SMS.

5. Gantilah secara berkala semua kata sandi.

Jika terlanjur mengalami kejahatan SIM swap, segera laporkan ke Bank Indonesia di saluran 131 atau email ke bicara@bi.go.id. Selain itu, aduan terkait kejahatan SIM swap juga dapat dilaporkan ke OJK di 157 atau konsumen@ojk.go.id.

Baca Juga: Jadi Korban Pinjol Ilegal? Begini Cara Cepat Melaporkannya ke OJK

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV/Kementerian Kominfo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19