Kompas TV nasional update

Teledor Soal Laporan Tes Doping, KOI Minta LADI Harus Tanggung Jawab!

Kompas.tv - 19 Oktober 2021, 13:47 WIB
Penulis : Natasha Ancely | Editor : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Larangan pengibaran bendera Merah Putih pada puncak perhelatan Piala Thomas 2020 di Denmark tak sedikit pun mengurangi prestasi tim bulutangkis putra Indonesia.

Namun penyerahan medali dan trofi untuk tim Indonesia tanpa pengibaran bendera Merah Putih mencederai rasa kebanggaan nasional.

Meski bangga berhasil mengalahkan juara bertahan Tiongkok sekaligus membawa pulang kembali Piala Thomas, tim bulutangkis Putra Indonesia kecewa karena hanya bendera PBSI dan bukan bendera Merah Putih yang berkibar pada puncak penyerahan trofi Piala Thomas.

Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyatakan, LADI harus bertanggung jawab menyelesaikan masalah kepatuhan standar antidoping mengingat banyak event olah raga ke depan.

Pengamat Olahraga, Ian Situmorang menyesalkan sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) kepada Indonesia.

Menurut Ian, sanksi timbul karena keteledoran LADI yang tidak memenuhi regulasi pelaporan tes doping rutin.

Telunjuk atas tidak berkibarnya Merah Putih di ajang bergengsi sekelas Piala Thomas memang mengarah ke Lembaga Antidoping Indonesia.

Untuk itu diperlukan investigasi serta upaya lanjut untuk segera memenuhi ketentuan Badan Antidoping Dunia.

Namun demikian, pemangku kepentingan olah raga nasional musti bersama-sama belajar agar kejadian yang mencederai rasa kebanggaan atas prestasi nasional ini tak terulang.

Baca Juga: Curhat Ibunda Rian Ardianto, Atlet Peraih Piala Thomas yang Berasal dari Bantul
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.