Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Menlu Amerika Serikat Colin Powell Meninggal Dunia akibat Komplikasi Covid-19

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:58 WIB
mantan-menlu-amerika-serikat-colin-powell-meninggal-dunia-akibat-komplikasi-covid-19
Jenderal Colin Powell, mantan menteri luar negeri AS, meninggal dunia di usia 84 tahun. Powell adalah yang meyakinkan Dewan Keamanan PBB agar Amerika Serikat dan sekutu menyerbu Irak pada 2003 atas tudingan kepemilikan senjata pemusnah massal yang kemudian ternyata bohong belaka. (Sumber: Jim Watson/France24 via AFP)

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Jenderal Colin Powell, pahlawan perang dan menteri luar negeri kulit hitam pertama Amerika Serikat, meninggal dunia pada Senin (18/10/2021) di usia 84 tahun karena komplikasi Covid-19. Demikian diungkapkan pihak keluarga dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Straits Times.

“Almarhum sudah divaksinasi lengkap. Kami ingin berterima kasih kepada staf medis di Pusat Medis Nasional Walter Reed atas perawatan mereka yang penuh perhatian. Kami telah kehilangan suami, ayah, kakek, dan orang Amerika yang luar biasa dan penyayang," kata keluarga Powell dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya.

Masa Perang Teluk I tahun 1991 saat Irak menduduki Kuwait, Powell adalah seorang jenderal Angkatan Darat bintang empat yang menjabat sebagai Kepala Staf Gabungan di bawah Presiden George H.W. Bush. Saat itu, pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat mengusir pasukan Irak dari negara tetangganya, Kuwait.

Powell semasa hidup adalah seorang Republikan moderat dan seorang pragmatis, usai terlibat memimpin Perang Teluk I kemudian dia menjabat sebagai menteri luar negeri di bawah Presiden George W. Bush.

Colin Powell adalah putra imigran Jamaika yang menjadi pahlawan perang AS dan menteri luar negeri kulit hitam pertama negara adidaya tersebut.

Pensiunan jenderal bintang empat dan mantan Kepala Staf Gabungan yang mengabdi kepada empat presiden Amerika Serikat itu merupakan sosok sangat terhormat yang jauh dari hingar bingar politik dan dianggap sebagai aset di koridor kekuasaan.

"Jenderal Powell adalah pahlawan Amerika, contoh Amerika, dan kisah Amerika yang hebat," kata George W. Bush saat mengumumkan pencalonan Powell sebagai menteri luar negeri pada tahun 2000.

"Dalam keterusterangan berbicara, integritasnya yang tinggi, rasa hormatnya yang mendalam terhadap demokrasi kita, dan rasa tugas dan kehormatan prajuritnya, Colin Powell menunjukkan ... kualitas yang akan membuatnya menjadi perwakilan hebat dari semua orang di negara ini." kata Bush saat mengangkat Powell sebagai menteri luar negerinya.

Baca Juga: Partai Pemimpin Syiah Muqtada al-Sadr Menang Pemilu Irak

Jenderal Colin Powell dan Jenderal Norman Scwarkopf, dua arsitek dan jenderal lapangan yang mengusir Irak dari pendudukan di Kuwait tahun 1991 (Sumber: Getty Images)

Tapi Powell kemudian merasa sangat sulit untuk mempertahankan pidatonya sendiri yang terkenal pada Februari 2003 di Dewan Keamanan PBB yang memaparkan bukti dan memberi justifikasi terhadap penyerbuan Amerika Serikat dan sekutu ke Irak atas tudingan keberadaan senjata pemusnah massal.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV/France24/Straits Times



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Banjir Kepung Ponorogo

Senin, 29 November 2021 | 19:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19