Kompas TV nasional sosial

Waspada Data Pribadi Dicuri untuk Akses Aplikasi Pinjol, Ini Pencegahannya

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 19:47 WIB
waspada-data-pribadi-dicuri-untuk-akses-aplikasi-pinjol-ini-pencegahannya
Ilustrasi tagihan Pinjol ilegal (Sumber: Instagram @ojkindonesia)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Penyalahgunaan data atau pencurian data pribadi untuk mengakses aplikasi pinjaman online (pinjol) marak terjadi. Artinya, masyarakat yang tidak mengajukan pinjaman melalui pinjol, justru mendapat tagihan dari pinjol.

Dosen dan peneliti Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM Lukito Edi Nugroho berbagi sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan data pribadi sehingga tidak dicuri untuk mengakses aplikasi pinjol.

Pertama, masyarakat jangan gegabah mengunggah data pribadi atau identitas diri di media sosial.

“Data yang tersebar di publik rentan untuk disalahgunakan yang bisa merugikan pemiliknya, termasuk dalam hal ini mengakses pinjol,” ujarnya, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: Ada 3.500 Pinjol Ilegal, OJK dan Kominfo Moratorium Penerbitan Izin Pinjol

Kedua, masyarakat juga diminta untuk lebih wasapada apabila menerima pesan baik dalam bentuk SMS, WhatsApp, e-mail, maupun bentuk lainnya dari sumber yang tidak jelas atau mencurigakan.

Abaikan pesan yang masuk dan jangan klik tautan yang dikirimkan.

Ia menyarankan masyarakat untuk berhati-hati ketika menerima pesan termasuk pesan yang mengandung iming-iming menggiurkan dan bombastis.

“Sebaiknya langsung dihapus saja pesannya,” ucapnya.

Ketiga, jika masyarakat terpaksa mengajukan pinjaman melalui pinjol, maka harus memastikan pinjol itu terdadtar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tidak hanya itu, pengguna aplikasi pinjol juga harus memahami syarat dan ketentuan mekanisme aplikasi pinjol tersebut.

Menurut Lukito, saat ini masih banyak masyarakat yang tergiur pinjol tetapi tidak diikuti dengan literasi digital untuk memahami mekanisme aplikasi pinjol bekerja.

Keempat, masyarakat pengguna pinjol juga diimbau untuk mewaspadai adanya permintaan akses data. Pengguna perlu mempertimbangkan permintaan akses apakah sesuai atau justru di luar kewajaran.

Baca Juga: 86 Karyawan Pinjol Diperiksa di Mapolda Jabar

“Misalnya aplikasi pinjol minta izin untuk akses address book di ponsel, ini kan tidak berhubungan. Hal seperti ini yang harus diwaspadai,” tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.