Kompas TV regional berita daerah

Donor Darah Serentak di 5 Kota, Bantu Penuhi Stok Darah yang Terbatas Selama Pandemi

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 18:32 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Ikatan Alumni Universitas Brawijaya Malang menggelar kegiatan donor darah serentak di lima Kota, Minggu (17/10/2021).

Ratusan alumni maupun mahasiswa datang bergantian di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang sejak Minggu pagi, untuk mengikuti donor darah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua pelaksana kegiatan donor darah Jaedi menuturkan, dalam kondisi pandemi ini ketersediaan stok darah di PMI sangatlah terbatas.

Hal tersebut yang mendasari Ika UB membantu ketersediaan stok darah melalui kegiatan ini.

Aksi donor darah ini pun disambut antusias. Awalnya panitia hanya membuka untuk 100 pendaftar.

Namun jumlah calon pendonor yang mendaftar naik dua kali lipat lebih.

"Di kondisi pandemi ini kebutuhan darah yang tersedia di PMI drastis menurun. Awal kegiatan kami sebenarnya menargetkan 100 pendonor, namun pertimbangan antusiasme pendonor sangat tinggi, kami buka lagi. Alhamdulillah kita bisa mendapatkan 274 calon pendonor" terang ketua panitia Malang, Jaedi.

Para pendonor pun berharap bantuan dari mereka bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

"Saya rutin donor, dapat info kegiatan ini, sebagai alumni saya langsung daftar. Apalagi kondisi pandemi jadi semoga aksi kita bisa membantu" kata salah satu pendonor, Sugeng.

Kegiatan donor darah oleh Ika UB ini digelar serentak di lima Kota, yakni Jakarta, Surabaya, Malang, Lombok dan Mataram.

#donordarah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.