Kompas TV entertainment lifestyle

Celana Dalam Segitiga versus Boxer, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Sperma?

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 18:28 WIB
celana-dalam-segitiga-versus-boxer-mana-yang-lebih-baik-untuk-kesehatan-sperma
Sebagian pendapat mengatakan celana dalam model bokser atau boxer lebih baik ketimbang yang berbentuk segitiga dalam urusan menjaga kesehatan sperma. Tapi benarkah demikian? (Sumber: James Barr on Unsplash)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagian pendapat mengatakan celana dalam model bokser atau boxer lebih baik ketimbang yang berbentuk segitiga dalam urusan menjaga kesehatan sperma.

Suhu yang tinggi dipercaya dapat berdampak buruk bagi kualitas sperma. Celana dalam segitiga dianggap menciptakan suhu yang lebih hangat di bagian skrotum pria dibandingkan dengan boxer yang lebih longgar.

Boxer memberikan ruang bernapas lebih besar, sedangkan celana dalam segitiga lebih hangat dan nyaman. Jadi pemikirannya selalu, mungkin Anda harus menghindari celana dalam segitiga jika Anda sedang mencoba untuk hamil,” kata Rena Malik, M.D., seorang urologis dan dokter bedal pelvik, yang berkedudukan di Maryland, Amerika Serikat, dalam video yang diunggah di kanal YouTube-nya.

Tapi benarkah pemakai celana dalam segitiga memiliki kualitas sperma yang lebih buruk ketimbang yang memakai boxer?

Baca Juga: Mengapa Gerakan 'No Bra Day' Justru Dianggap Mengobjektifikasi Perempuan

Malik merujuk sebuah penelitian pada 1998 yang meneliti 97 pria. Para partisipan ditanya apakah mereka memakai boxer atau celana dalam segitiga.

Sebanyak 14 orang dari mereka mengganti model dalaman mereka dari boxer ke celana dalam segitiga. Peneliti lalu menganalisis sperma partisipan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kualitas sperma atau tidak.

“Apa yang mereka temukan adalah tidak ada perbedaan,” kata Malik.

“Mereka juga mengukur temperatur skrotum pria yang memakai boxer versus celana dalam segitiga dan lagi-lagi mereka menemukan perbedaan yang sangat minimum,” sambungnya.

Menariknya, kata Malik, di kelompok pemakai boxer, suhunya sedikit lebih tinggi yaitu sebesar 33,8 derajat celcius. Sedangkan kelompok pemakai celana dalam segitiga memiliki temperatur rata-rata 33,6 derajat.

Malik lalu menyoroti studi pada 2016 yang meneliti 501 pasangan yang sedang mencoba memiliki anak. Para partisipan, kata dia, ditanya apa yang mereka pakai sepanjang hari dan malam, berapa kali mereka mengganti celana dalam, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Aktivitas Pagi Hari yang Bisa Bikin Otak Lebih Cerdas

“Apa yang mereka temukan di kelompok ini, lagi-lagi bahwa tidak ada perbedaan. Jadi jika Anda mencoba untuk hamil, tidak penting apakah Anda memakai boxer atau celana dalam segitiga,” paparnya.

Tapi, Malik mengingatkan, pemakai celana dalam segitiga mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami pertumbuhan jamur di area selangkangan.

“Jika Anda memilih memakai celana dalam segitiga, Anda mungkin menyadari agak panas dan lembap di bawah sana,” katanya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.