Kompas TV regional sosial

Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Kartu, Begini Caranya

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:17 WIB
meningkatkan-rasa-percaya-diri-dengan-kartu-begini-caranya
Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat inovasi kartu untuk meningkatkan rasa percaya diri. (Sumber: dok humas UNY)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Tidak semua orang, termasuk remaja, memiliki rasa percaya diri. Padahal, rasa percaya diri penting dalam menumbuhkan sikap positif hingga memiliki kemandirian mencapai apa yang diinginkan.

Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat inovasi kartu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Taufik Hidayat dan Sekar Ayu Titis Andriani prodi Teknologi Pendidikan serta Fatonah Istikomah prodi Psikologi merancang kartu yang diberi nama self card.

Self card terdiri dari kotak, kartu, panduan, tabel, dan stiker bintang. Kotak menjadi wadah dari kartu, panduan, tabel, dan stiker bintang.  Kartu sejumlah 21 berisi 21 kata-kata sugesti diri yang berbeda sesuai dengan indikator peningkatan rasa percaya diri serta panduan untuk mempermudah remaja akhir dalam menggunakan self card.

Baca Juga: Disebut Reinkarnasi Nike Ardilla, Amel Akui Lebih Percaya Diri: Aku Nggak Perlu Insecure Lagi

Sementara, 21 kolom tabel digunakan untuk menempel stiker bintang apabila remaja akhir berhasil menjalankan kata-kata yang terdapat pada kartu.

Logo self card berupa paus yang menyimbolkan paus abu-abu mampu bermigrasi sejauh 10.000 mil. Logo ini merepresentasikan jalan migrasiyang akan ditempuh oleh pengguna self card ini selama 21 hari, untuk menuju diri yang lebih baik.

“Di samping itu, self card juga berpotensi untuk dipasarkan sebagai media edukasi sehingga turut berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa di bidang ekonomi,” ujar Fatonah dalam siaran persnya, Senin (18/10/2021).

Menurut Sekar Ayu Titis Andriani, sebenarnya kampus telah menyediakan fasilitas bimbingan dan konseling melalui Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling (UPT LBK). Namun, mahasiswa jarang memanfaatkan fasilitas ini dikarenakan stigma negatif yang dibangun sejak masih sekolah kepada siswa yang masuk ruang BK identik dengan kenakalan dan pelanggaran.

Baca Juga: Minta Dirut BUMN Percaya Diri, Jokowi: Bapak Ibu Jauh Lebih Jago

“Hal ini lah yang kemudian menjadikan mahasiswa yang memiliki masalah kepercayaan diri tidak dapat teratasi dengan baik sehingga berlarut-larut, sehingga kami mencoba mengembangkan rasa percaya diri dengan metode self card,” tuturnya.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:59 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19