Kompas TV olahraga kompas sport

Alasan Bendera Merah Putih Tak Berkibar di Seremoni Thomas Cup 2020 dan Permintaan Maaf Menpora

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 19:54 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Indonesia menjadi juara Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China di partai puncak dengan skor 3-0.

Namun dalam seremoni juara, bendera merah putih tidak dapat dikibarkan dan diganti dengan bendera berlogo Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Banyak pihak sesalkan kejadian ini, karena ini merupakan kemenangan bersejarah bagi Indonesia yang berhasil meraih gelar ke-14 di Piala Thomas kembali sejak 2002.

Sejauh ini, tidak ada negara yang pernah meraih lebih dari 10 gelar juara Piala Thomas selain Indonesia.

Lalu, apa alasannya bendera merah putih tidak berkibar di Thomas Cup?

Indonesia saat ini sedang dalam masa hukuman dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Pada 7 Oktober 2021, WADA merilis keterangan terkait sanksi yang dijatuhkan kepada organisasi antidoping nasional di beberapa negara.

Dikutip dari Kompas.com, WADA menyebut Indonesia tak menerapkan program pengujian yang efektif dan tidak mematuhi prosedur antidoping.

Salah satu sanksinya, atlet dari Indonesia masih diizinkan mengikuti kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, namun tidak diperbolehkan mengibarkan bendera nasional selain di Olimpiade.

Selain itu, Indonesia juga dilarang menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, atau internasional, tidak akan menerima funding (pendanaan) WADA baik secara langsung maupun tidak langsung, dan mendapat konsekuensi tambahan karena ketidakpatuhan terhadap pengujian atau tes doping.

Terkait insiden ini, Menpora Zainudin Amali meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Indonesia dalam konferensi pers, Senin (18/10/2021).

"Selain LADI, saya juga menyampaikan permohonan maaf. Saya memohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia," ujar Zainudin.

"Kita akan serius menangani ini dan pihak-pihak yang nanti terindikasi menjadi penyebab dari kejadian ini tentu harus bisa mempertangjawabkan itu,” lanjut dia.

Baca Juga: Kronologi RI Kena Sanksi WADA dan Pembelaan Menpora soal Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.