Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Budidaya Koi Berbasis Internet

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 15:36 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

BLITAR, KOMPAS.TV - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, meresmikan sistem budidaya ikan koi berbasis internet di Kabupaten Blitar. Melalui sistem ini, para peternak dapat memberi makan ikan koi dan mengatur kadar air hanya dengan menggunakan gawai.

Abdul Halim Iskandar, Minggu (16/10/2021) siang, berkunjung ke peternakan ikan koi di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Dalam kunjungannya ini, Abdul Halim Iskandar meresmikan sistem budidaya ikan koi berbasis internet, yang dibuat oleh para peternak.

Dalam sistem pembudidayaan ikan koi berbasis internet ini, alat pakan dan pompa air dapat bekerja secara automatis. Alat pakan ikan koi akan memberi makan sesuai dengan cuaca dan kadar air dalam kolam.

Sementara untuk pompa air, juga akan bekerja untuk menyesuaikan kapasitas dan kadar air dalam kolam, secara automatis. Ke 2 alat tersebut dikendalikan oleh sensor dan program sistem yang terlebih dahulu disetting oleh para peternak melalui komputer.

Dengan penggunaan ke 2 alat tersebut, kini para peternak hanya perlu menggunakan gawai atau laptop untuk memberi makan ikan, serta mengatur kadar air. Penggunaan alat smart feeder dan pompa air automatis tersebut, bermanfaat untuk efisiensi pakan ikan, serta penghematan biaya listrik.

Untuk membuat sistem pembudidayaan ikan koi berbasis internet dalam 1 kolam, para peternak harus merogoh kantong hingga 2 ratus juta rupiah. Meski mahal, namun manfaat yang didapatkan para peternak jaga banyak.

Mulai dari penghematan biaya produksi, hingga lebih terjaminnya kesehatan ikan koi.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, berencana akan mengadopsi inovasi tersebut, di sejumlah daerah di indonesia. Sehingga para peternak ikan dapat bekerja lebih ringan dan mudah. Serta kualitas ikan yang dihasilkan lebih terjamin.

#beritablitar
#koi
#koiblitar
#inovasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.