Kompas TV internasional kompas dunia

Junta Militer Myanmar Janjikan Pembebasan Lebih dari 5.000 Tahanan Pengunjuk Rasa Penentang Kudeta

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:02 WIB
junta-militer-myanmar-janjikan-pembebasan-lebih-dari-5-000-tahanan-pengunjuk-rasa-penentang-kudeta
Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing menyatakan akan membebaskan lebih dari 5.000 orang yang dipenjara karena memprotes kudeta bulan Februari (Sumber: Alexander Zemlianichenko/France24/Pool)

YANGON, KOMPAS.TV - Kepala junta militer Myanmar menyatakan akan membebaskan lebih dari 5.000 orang yang dipenjara karena memprotes kudeta bulan Februari yang menggulingkan pemerintah sipil. Hal itu disampaikan  kepala junta Min Aung Hlaing, Senin, (18/10/2021) seperti dilansir France24.

Sebanyak 5.636 tahanan akan dibebaskan untuk menandai festival Thadingyut pada Oktober nanti, kata Min Aung Hlaing, beberapa hari setelah dia dikeluarkan dari pertemuan puncak regional ASEAN atas kekecewaan terhadap komitmen pemerintahnya dalam meredakan krisis berdarah itu.

Myanmar terperosok dalam kekacauan sejak kudeta, dengan lebih dari 1.100 warga sipil tewas dalam tindakan berdarah terhadap perbedaan pendapat dan lebih dari 8.000 ditangkap menurut kelompok pemantau lokal.

Lebih dari 7.300 saat ini berada di balik jeruji besi di seluruh negeri, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Pemimpn junta militer Myanmar itu tidak memberikan rincian tentang siapa yang akan dimasukkan dalam daftar yang akan dibebaskan sementara dan otoritas penjara tidak menanggapi permintaan komentar media.

Pihak berwenang Myanmar membebaskan lebih dari 2.000 pengunjuk rasa anti-kudeta dari penjara di seluruh negeri bulan Juli lalu, termasuk wartawan yang kritis terhadap junta militer.

Mereka yang masih ditahan termasuk jurnalis Amerika Danny Fenster, yang telah ditahan sejak ditangkap pada 24 Mei.

Pengumuman amnesti datang setelah ASEAN hari Jumat memutuskan untuk mengecualikan Jenderal Senior Min Aung Hlaing dari pertemuan puncak mendatang akibat lambannya penanganan junta militer Myanmar terhadap krisis tersebut.

Para menteri luar negeri ASEAN sepakat "perwakilan non-politik" untuk Myanmar akan diundang ke KTT 26-28 Oktober sebagai gantinya.

Baca Juga: Pemimpin Junta Militer Myanmar Marah Tak Diundang dalam KTT ASEAN, Tegaskan Keberatannya

Dalam foto yang dirilis Istana Kepresidenan Indonesia ini, Panglima Tertinggi Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing, paling kanan, dan para pemimpin ASEAN di Jakarta, Indonesia, Sabtu, 24 April 2021. (Sumber: Laily Rachev, Indonesian Presidential Palace via AP)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/France24



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19