Kompas TV regional berita daerah

Pameran Foto Sejarah PON

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 14:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Bertepatan dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX, kantor berita Antara menggelar sebauh pameran foto bertajuk sejarah PON. Berlangsung di Monumen Pers Nasional Solo, foto-foto pekan olahraga nasional sejak edisi pertama hingga papua dipamerkan kepada masyarakat umum.

Seluruh foto merupakan karya para pewarta foto lembaga kantor berita nasional Antara. Seluruh momen bersejarah PON, termasuk momen kejadian saat pekan olahraga nasional dibatalkan di tahun 1965 pun terekam.

"Kita memilih Solo sebagai pameran ini karena kita mau mengingatkan kembali bahwa PON itu lahir di Kota Solo. Ini juga sekaligus sebagi refleksi. Sepanjang PON yang kita lihat kayak kemarin di Papua itu sedemikan mewah, sedemikan besar itu awalnya di Kota Solo," kata Ismar Patrizki/,kurator pameran.

Sementara bagi pengunjung, pameran ini memberikan edukasi. Apalagi banyak diantara generasi muda yang tidak begitu mengetahui sejarah Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Pameran PON ini memang sangat peting sekali bagi generasi muda. Seperti yang kita lihat generasi muda sekarang yang terlalu menunggulkan ke barat-baratan ya menurut saya. Pameran ini sangat penting sekali. Kita bisa melihat, kita bisa kilas balik bagaimana PON pertama kali dulu berlangsung, hal itu untuk mengembangkan jiwa nasionalisme dan patriotisme," ujar Ramadhan Eka Gandhi, pengunjung.

Tak kurang dari  121  foto serta dua arsip dipamerkan dalam kesempatan ini. Dua arsip yang dimaksud adalah surat Presiden Soekarno tentang pelaksanaan serta pembatalan PON 1965. Sejarah olahraga Indonesia perlu diketahui, agar generasi penerus memiliki kebanggan sekaligus motivasi untuk berprestasi dalam olahraga.

#solo #sejarahpon #pameranfoto



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.