Kompas TV internasional kompas dunia

Gantikan Mobil BBM, Ini Insentif Joe Biden Hingga Xi Jin Ping Untuk Mobil Listrik

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB
gantikan-mobil-bbm-ini-insentif-joe-biden-hingga-xi-jin-ping-untuk-mobil-listrik
Ilustrasi - Pengguna mobil listrik sedang melakukan pengisian daya. (Sumber: Kompas.TV/Ant)

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah Indonesia berencana menghentikan penjualan kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan menggantinya dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Seperti biofuel dan listrik.

Langkah ini juga sudah dilakukan oleh negara-negara lainnya di dunia. Amerika Serikat misalnya, yang tengah menyusun rancangan undang-undang (RUU) anggaran bernilai 3,5 triliun dollar AS. Insentif pajak untuk produsen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) merupakan salah satu dari isi RUU tersebut.

Mengutip Bloomberg, Senin (18/9/2021), insentif akan diberikan kendaraan listrik buatan pegawai pabrik mobil yang tergabung dalam Serikat pekerja di AS. Besarnya insentif adalah maksimal 12.500 dollar AS.

Baca Juga: Ketua Kadin Sebut RI Bisa Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik Terbesar Dunia

Insentif pajak EV adalah usulan Presiden AS Joe Biden, yang ingin melindungi produsen mobil AS. Pada 2030, Biden ingin lebih dari setengah pasar EV di AS diproduksi oleh pabrikan dalam negeri.

Dengan adanya insentif pajak, harga jual kendaraan listrik yang mereka produksi menjadi lebih murah. Biden juga ingin memperbaiki kesejahteraan pegawai yang bergabung dalam Serikat pekerja AS.

"Kami ingin memberi insentif ini agar produsen Amerika di posisi terdepan. Dan ini mengurangi emisi lebih cepat daripada kebijakan lain yang dapat kami terapkan," ujar Anggota DPR dari Partai Demokrat Dan Kildee.

Baca Juga: Biden Kasih Diskon Pajak Mobil Listrik Buatan AS, Toyota dan Honda Protes

Insentif akan diberikan pada setiap mobil listrik dengan harga maksimal 55.000 dollar AS dan truk listrik seharga maksimal 74.000 dollar AS.

Saat ini, harga kendaraan listrik memang masih lebih mahal dibanding kendaraan yang menggunakan BBM. Maka, pemerintah di negara-negara lain berupaya membuat harga kendaraan listrik lebih terjangkau.

Sumber :


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:25
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19