Kompas TV nasional wawancara

Kasus Dodi Reza Alex Noerdin, Benarkah Politik Dinasti Rawan Korupsi?

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 13:27 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap sejumlah pejabat di lingkungan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Salah satu yang tertangkap tangan adalah Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin. 

Setelah menjalani pemeriksaan, KPK menetapkan Dodi Reza Alex Noerdin, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi suap proyek infrastruktur. Turut menjadi tersangka, Kepala Dinas PUPR Musi Banyuasin, Kabid SDA Dinas PUPR Musi Banyuasin, serta seorang pihak swasta.

Sebelumnya, KPK menangkap Dodi Reza Alex Noerdin di Jakarta serta mengamankan uang Rp 270 juta. KPK juga menyita uang Rp 1,5 miliar dari tangan ajudan Bupati Musi Banyuasin.

Dodi Reza Alex Noerdin merupakan Bupati Musi Banyuasin periode 2017 hingga 2022. Sebelum menjadi bupati, Dodi pernah menjadi anggota DPR RI Fraksi Golkar selama dua periode yakni pada 2009 hingga 2014 dan 2014 hingga 2016. Dia juga merupakan anak dari mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin.

Sebelumnya Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin ditetapkaan sebagai tersangka di dua kasus dugaan korupsi berbeda dalam rentang waktu satu pekan.

Dua kasus itu diusut oleh Kejaksaan Agung. Di antaranya dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Pemprov Sumsel periode 2010-2019 dan korupsi Masjid Sriwijaya.

Ditangkapnya Bupati Musi Banyuasin Dodi Alex Noerdin menambah panjang deretan kasus korupsi yang terjadi dalam lingkup politik dinasti.

Sebelumnya sejumlah kepala daerah terjerat kasus korupsi yang melibatkan keluarga intinya. Terutama mereka yang sama-sama memegang jabatan publik. Benarkah politik dinasti rawan korupsi?



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.