Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Cerita Hantu Tertua di Dunia Berusia 3.500 Tahun, Terukir di Tablet Era Babilonia

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 12:39 WIB
ini-cerita-hantu-tertua-di-dunia-berusia-3-500-tahun-terukir-di-tablet-era-babilonia
Cerita hantu tertua di dunia yang berusia 3.500 tahun ternyata terukir di tablet era Babilonia dan tersimpan di Museum Britania. (Sumber: Daily Star)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Sebuah cerita hantu tertua di dunia yang berusia 3.500 tahun ditemukan terukir di sebuah tablet era Babilonia.

Tablet tersebut saat ini disimpan di penyimpanan Museum Britania di Inggris.

Menurut Kurator Departemen Timur Tengah Museum Britania, Dr Irving Finkel, menegaskan tablet yang menggambarkan sosok hantu itu adalah objek yang benar-benar spektakuler dari zaman kuno.

Menurut Irving, ukiran di tablet itu juga sebagai bagian dari panduan pengusir setan untuk menyingkirkan hantu yang tak diinginkan.

Baca Juga: Pemukim Ilegal Yahudi Serang Warga Palestina yang Tengah Memanen Pohon Zaitun

Hantu tersebut digambarkan sebagai roh berjanggut kesepian yang dengan tangan diikat yang dipimpin oleh kekasihnya ke alam baka dan ke kebahagiaan abadi.

Teks yang menyertainya di tablet tanah liat menguraikan sebuah ritual yang akan membuat mereka bahagia melalui dunia bawah bersama-sama.

“Itu jelas adalah sebuah hantu pria dan ia begitu berantakan. Anda bisa membayangkan hantu tinggi, kurus dan berjenggot tergantung di atas rumah dan menakuti orang,” tuturnya dikutip dari Daily Star.

“Analisis final memperlihatkan apa yang dibutuhkan hantu tersebut adalah kekasihnya,” tambahnya.



Sumber : Daily Star


BERITA LAINNYA



Close Ads x