Kompas TV nasional politik

Cak Imin Siap Maju di Pilpres 2024, PKB Membuka Koalisi dengan Prabowo

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 10:39 WIB
cak-imin-siap-maju-di-pilpres-2024-pkb-membuka-koalisi-dengan-prabowo
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung Solo, Rabu (24/3/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan siap bertarung dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang. 

Menurut dia, pesta demokrasi lima tahunan itu  harus menjadi tantangan dirinya untuk menjadi peserta Pilpres 2024. Namun, ia belum menentukan dan tergesa-gesa dalam menjalin koalisi partai. 

Baca Juga: Gerindra Akan Usung Prabowo di Pilpres 2024, Apakah Demokrat Akan Dukung Lagi?

”Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” kata pria yang karib disapa Cak Imin itu dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021). 

Wakil Ketua DPR RI ini menyatakan bahwa selama ini kader PKB di seluruh daerah mengharapkan dan mendukung agar dirinya maju sebagai capres di tahun 2024. 

Karena itu, PKB akan terus menggalang kekuatan dengan partai politik lainnya untuk berkoalisi. Sebab, PKB tidak bisa mengusung calon sendiri di Pilpres 2024 sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain. 

”Hingga saat ini, kepengurusan PKB di daerah-daerah masih solid. Dan jika nantinya maju maka untuk mencari figur Capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, pihaknya akan tetap mendukung Ketua Umum Muhaimin Iskandar untuk menjadi peserta pesta demokrasi lima tahunan tersebut. 

Baca Juga: Cak Imin Siap Maju Pilpres 2024: Kita Tunggu Seperti Apa Peta Politiknya

Namun, dirinya tak menampik bahwa peluang koalisi bersama Prabowo tetap terbuka, bila nantinya memang memiliki visi dan misi yang sama. 

"PKB terbuka untuk berkoalisi namun tetap mendorong Gus Muhaimin maju capres. Koalisi itu asal cocok platformnya," kata Jazilul kepada wartawan, Senin (11/10/2021). 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.