Kompas TV regional agama

NU Agendakan Maulid Akbar di Istiqlal 19 Oktober: Undang Jokowi, Cuma Diikuti 100 Orang

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:44 WIB
nu-agendakan-maulid-akbar-di-istiqlal-19-oktober-undang-jokowi-cuma-diikuti-100-orang
logo Nahdlatul Ulama, pada Maulid Nabi besok tanggal 19 Oktober akan gelar acara di Istiqlal (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada peringatan Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 1443 Hijirah yang jatuh 19 Oktober besok, Nahdlatul Ulama lewat badan Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) direncakan akan menggelar acara Maulid Akbar dan Doa Keselamatan Bangsa di Masjid Istiqlal, Jakarta. Acara ini rencananya akan dihadiri 100 orang dan dilakukan secara luring dan daring.

Agenda Maulid Nabi dengan doa untuk bangsa ini juga berencana akan mengundang Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Main. Acara akan digelar pada malam hari dimulai pukul 19.30 WIB.

"Dengan kegiatan ini, kami berharap umat Islam, khususnya warga Nahdliyin, semakin meneladani Nabi Muhammad saw. Indonesia selalu diberi keselamatan dan kemudahan. Serta semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata ketua LDNU KH Agus Salim sebagaimana dikutip dari situs resmi NU.

KH Agus Salim juga menjelaskan, doa bersama ini dalam rangka menghidupkan momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal sekaligus berharap keberkahan menjelang diadakan Muktamar ke-34 NU yang akan digelar pada 25-26 Desember mendatang.

Baca Juga: Dari Sekaten hingga Kirab Ampyang, Ini 5 Tradisi Maulid Nabi dari Berbagai Daerah

Ketua Panitia acara doa acara, KH Misbahul Munir lebih lanjut menjelaskan bahwa acara Doa untuk Keselamatan Bangsa ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan tidak mengundang banyak orang. Beliau bahkan menyebut, cuma 100 orang yang hadir dan sudah termasuk para pembicara. 

Mubaligh yang juga pengisi acara Sahur Time di KOMPAS TV itu juga menjelaskan, nantinya di acara secara teknis akan dimulai dengan selawat dan tausiyah dari para ulama. Presiden Jokowi secara khusus jika susuai rencana akan memerikan amanat terkait Maulid Nabi SAW.

“Dipastikan semua tamu sudah divaksin dan menunjukkan sertifikat aplikasi peduli lindungi, juga sudah diswab antigen sebelum masuk masjid. Undangan khusus 100 orang, termasuk pembicara hadir di panggung utama masjid Istiqlal, Jakarta,” kata Kiai Misbah.

Beberapa tokoh yang akan hadir dalam Doa Keselamatan Bangs aitu antara lain Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua LD-PBNU KH Agus Salim dan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Jelaskan Alasan Menggeser Libur Maulid Nabi 2021 dari 19 Oktober Jadi 20 Oktober

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Vaksinasi Didalam Kendaraan Tempur

Senin, 29 November 2021 | 12:40 WIB
Berita Daerah

Rem Blong! Truk Hantam 5 Mobil

Senin, 29 November 2021 | 12:35 WIB
Berita Daerah

Penumpang Mulai Padati Pelabuhan Siau

Senin, 29 November 2021 | 12:35 WIB
Berita Daerah

Ornamen Natal Mulai Diburu Warga

Senin, 29 November 2021 | 12:35 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19