Kompas TV regional agama

NU Agendakan Maulid Akbar di Istiqlal 19 Oktober: Undang Jokowi, Cuma Diikuti 100 Orang

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 09:44 WIB
nu-agendakan-maulid-akbar-di-istiqlal-19-oktober-undang-jokowi-cuma-diikuti-100-orang
logo Nahdlatul Ulama, pada Maulid Nabi besok tanggal 19 Oktober akan gelar acara di Istiqlal (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada peringatan Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 1443 Hijirah yang jatuh 19 Oktober besok, Nahdlatul Ulama lewat badan Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) direncakan akan menggelar acara Maulid Akbar dan Doa Keselamatan Bangsa di Masjid Istiqlal, Jakarta. Acara ini rencananya akan dihadiri 100 orang dan dilakukan secara luring dan daring.

Agenda Maulid Nabi dengan doa untuk bangsa ini juga berencana akan mengundang Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Main. Acara akan digelar pada malam hari dimulai pukul 19.30 WIB.

"Dengan kegiatan ini, kami berharap umat Islam, khususnya warga Nahdliyin, semakin meneladani Nabi Muhammad saw. Indonesia selalu diberi keselamatan dan kemudahan. Serta semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata ketua LDNU KH Agus Salim sebagaimana dikutip dari situs resmi NU.

KH Agus Salim juga menjelaskan, doa bersama ini dalam rangka menghidupkan momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal sekaligus berharap keberkahan menjelang diadakan Muktamar ke-34 NU yang akan digelar pada 25-26 Desember mendatang.

Baca Juga: Dari Sekaten hingga Kirab Ampyang, Ini 5 Tradisi Maulid Nabi dari Berbagai Daerah

Ketua Panitia acara doa acara, KH Misbahul Munir lebih lanjut menjelaskan bahwa acara Doa untuk Keselamatan Bangsa ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan tidak mengundang banyak orang. Beliau bahkan menyebut, cuma 100 orang yang hadir dan sudah termasuk para pembicara. 

Mubaligh yang juga pengisi acara Sahur Time di KOMPAS TV itu juga menjelaskan, nantinya di acara secara teknis akan dimulai dengan selawat dan tausiyah dari para ulama. Presiden Jokowi secara khusus jika susuai rencana akan memerikan amanat terkait Maulid Nabi SAW.

“Dipastikan semua tamu sudah divaksin dan menunjukkan sertifikat aplikasi peduli lindungi, juga sudah diswab antigen sebelum masuk masjid. Undangan khusus 100 orang, termasuk pembicara hadir di panggung utama masjid Istiqlal, Jakarta,” kata Kiai Misbah.

Beberapa tokoh yang akan hadir dalam Doa Keselamatan Bangs aitu antara lain Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua LD-PBNU KH Agus Salim dan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Jelaskan Alasan Menggeser Libur Maulid Nabi 2021 dari 19 Oktober Jadi 20 Oktober

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x