Kompas TV nasional politik

Ganjar Dinilai Tak Akan Termakan Jebakan Batman untuk Jadi Capres Partai Lain

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 07:37 WIB
ganjar-dinilai-tak-akan-termakan-jebakan-batman-untuk-jadi-capres-partai-lain
Kolase Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: TribunKaltara.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sejumlah partai politik kini diprediksi sedang mendekati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk diusung menjad capres pada Pilpres 2024 mendatang. 

Hal ini lantaran hingga kini PDIP, partai tempat Ganjar bernaung belum juga memberikan restu untuk dirinya maju di pesta demokrasi lima tahunan itu, padahal elektabilitas yang bersangkutan selalu menunjukkan tren positif dari setiap survei yang dilakukan. 

Baca Juga: Ganjar : Sekali Banteng Tetap Banteng

Meski begitu, Ganjar tak akan mudah terbuai oleh rayuan maut dari sejumlah partai politik tersebut. Sebab, dia sudah menjadi kader partai berlambang banteng moncong putih itu sejak lama, artinya tak akan hengkang dari PDIP hanya karena berambisi jadi capres. 

"Ganjar tidak mau terjebak jebakan  batman, setahu kita Ganjar sudah bergabung menjadi kader pdip sejak masih bangku kuliah, artinya ngak semudah itu beliau meninggalkan rumah besar PDIP," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada Kompas TV, Senin (18/10/2021). 

Ia menilai, Partai Golkar kemungkinan besar tertarik untuk meminang Ganjar untuk menjadi pendamping Ketua Umumnya Airlangga Hartarto. 

Namun, itu sulit terjadi karena Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ingin anaknya, Puan Maharani menjadi cawapres dari Prabowo Subianto. 

"Yang hakul yakin banyak partai yang tertarik meminang Ganjar karena elektabilitasnya yang moncer. Termasuk Golkar. Yang sekarang menjadi ganjalan Ganjar hanya Puan, karena Megawati masih menginginkan Puan menjadi cawapres Prabowo," ujarnya. 

Baca Juga: Jawaban Gibran Soal Banteng vs Celeng di PDIP, HIngga Akui Ganjar Adalah Atasannya

Menurut dia, kondisi sekarang ini memang ada upaya yang memancing dan mengompori agar Ganjar keluar dari PDIP. Tapi, dirinya meyakini Ganjar tidak akan maju sebagai capres kecuali diusung PDIP. 

"Hasil riset Voxpol juga menunjukkan bahwa mereka memilih Ganjar karena partai PDIPnya bukan karena figur Ganjarnya," ujarnya. 

Sebelumnya, Ganjar Pranowo yang ditemui usai peresmian operasional Bus Trans Jateng jurusan Semarang-Grobogan, menegaskan sekali bahwa banteng tetap banteng.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.