Kompas TV olahraga kompas sport

RI Juara Piala Thomas 2020, Jonatan Christie: Kemenangan Ini untuk Rakyat Indonesia

Kompas.tv - 18 Oktober 2021, 05:54 WIB
ri-juara-piala-thomas-2020-jonatan-christie-kemenangan-ini-untuk-rakyat-indonesia
Jonatan Christie tak hanya jadi penentu kemenangan tim Indonesia atas China dalam laga final Piala Thomas 2020, tapi juga dinobatkan sebagai pemain dengan durasi bertanding terlama. Selain itu, skuad bulu tangkis putra Indonesia sendiri juga menjadi tim dengan durasi pertandingan terpanjang di perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020. (Sumber: Getty Images/Shi Tang)
Penulis : Desy Afrianti

AARHUS, KOMPAS.TV - Jonatan Christie buka suara setelah tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2020. Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan China di partai final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Jojo, spaan akrabnya mengatakan Piala Thomas yang dimenangkan Skuad Garuda dipersembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia. Tim Merah Putih mengalahkan China 3-0.

“Kemenangan ini kami persembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia. Kami persembahkan kemenangan dengan merebut kembali Piala Thomas untuk keluarga, pelatih, tim pendukung, pengurus PBSI dan para pecinta bulu tangkis Indonesia,” kata Jojo dalam keterangan resmi PP PBSI yang diterima di Jakarta, Senin (18/10/2021) dini hari.

Jojo yang tampil di partai ketiga itu menundukkan Li Shi Feng dalam tiga gim 21-14, 18-21, 21-14, dan sekaligus memastikan kemenangan Indonesia.

Baca Juga: Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020, Taufik Hidayat: Apa Kita Enggak Malu?

“Tadi saya bermain baik, meski di gim kedua sempat kalah. Di gim kedua saya sudah berusaha mengejar, namun sudah terlambat. Tapi di gim ketiga saya bangkit dan berjuang lagi,” ujar Jojo seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Kapten Tim Thomas Indonesia Hendra Setiawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang telah berjuang hingga memboyong Piala Thomas.

“Terima kasih kepada pemain yang telah berjuang. Terima kasih kepada pelatih dan tim pendukung yang telah bekerja kompak hingga kita juara. Keberhasilan ini berkat kebersamaan dan kekompakan tim,” kata Hendra.

Baca Juga: Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Candra Wijaya: Kita Masih Macan Bulu Tangkis Dunia!

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menambahkan kemenangan Tim Indonesia merebut Piala Thomas bukan hanya hasil dari kerja keras seluruh pemain beserta tim pelatih, tetapi juga atas kuasa Tuhan.

“Yang pasti, pemain, pelatih, kita semua sudah berusaha keras dan bertanding penuh semangat. Tapi kemenangan ini juga karena kuasa Tuhan. Kalau Tuhan sudah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin,” kata Rionny.

Baca Juga: Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Jalan Terjal Sepanjang Kompetisi

Di dua partai sebelumnya, Indonesia berhasil unggul 2-0 atas China setelah Anthony Sinisuka Ginting dan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto berhasil meraih kemenangan atas lawan-lawannya. 

Berikut hasil lengkap pertandingan babak final Piala Thomas Indonesia vs China (3-0).

Tunggal putra 1
Anthony Sinisuka Ginting vs Lu Guang Zu 18-21, 21-14, 21-16 

Ganda putra 1
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12, 21-19 

Tunggal putra 2
Jonatan Christie vs Li Shi Feng 21-14, 18-21, 21-14 

Gelar juara perebutan Piala Thomas 2020 ini juga terasa manis bagi Indonesia yang terakhir menjadi kampiun di tahun 2002.

Setelah 19 tahun penantian, Piala Thomas akhirnya kembali ke Tanah Air di tahun ini. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.