Kompas TV internasional kompas dunia

Seniman Iran Buat Kebun Binatang tanpa Binatang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:49 WIB
seniman-iran-buat-kebun-binatang-tanpa-binatang
Seorang wanita memerhatikan replika kungkang yang dipajang di Kebun Binatang Logam Shahreza, Iran, Rabu (13/10/2021). Kebun binatang ini tidak berisi satu pun binatang asli. (Sumber: Vahid Salemi/Associated Press)

SHAHREZA, KOMPAS.TV - Sebuah kebun binatang belum lama ini dibuka kembali di Shahreza, Iran, kabupaten yang berjarak sekitar enam jam perjalanan bermobil ke selatan dari Ibu Kota Teheran. Kebun binatang ini cukup unik, karena tidak menampilkan satu pun binatang.

Lalu, bagaimana tempat tersebut bisa dinamai “kebun binatang”?

Ternyata,kebun binatang ini tidak menampilkan binatang asli, melainkan replika binatang yang dibuat dari logam.

Kebun binatang ini dibuat oleh seniman Iran kakak-beradik, Ehsan Saanei dan Soheil Saanei. Mereka membuat Kebun Binatang Logam Shahreza untuk menunjukkan dukungan pada kampanye hak-hak binatang.

Saanei bersaudara mengecam praktik umum kebun binatang yang notabene memenjarakan binatang seumur hidup.

Selain itu, Saanei bersuadara hendak menumbuhkan kesadaran lingkungan hidup dengan karya seni mereka. Replika-replika di Kebun Binatang Logam Shahrez dibuat dari limbah besi tua.

Baca Juga: Sambil Tenteng Senjata, Kelompok Taliban Piknik di Kebun Binatang Kabul

Mereka melebur logam-logam tua dari bekas komponen mobil, gir, rantai, dan benda-benda lain menjadi replika binatang berukuran seperti aslinya. Saanei bersaudara membuat patung binatang sepenuhnya dari barang daur ulang.

“Kami peduli pada kesejahteraan binatang dan merupakan advokat serius bagi hak-hak binatang. Kami memutuskan untuk membangun kebun binatang dengan material bekas untuk menunjukkan penentangan kami terhadap kebun binatang tradisional sekaligus membantu kota ini mendaur ulang limbah logam,” kata Ehsan Saanei kepada Associated Press.

Seniman bersuadara itu membuat 30 patung binatang dalam jangka waktu 15 bulan. Satu replika binatang membutuhkan waktu penggarapan antara dua hingga tiga pekan.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19