Kompas TV internasional kompas dunia

PM Baru Jepang Kirim Persembahan ke Kuil Kontroversial, Korsel Murka

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:08 WIB
pm-baru-jepang-kirim-persembahan-ke-kuil-kontroversial-korsel-murka
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida saat berbicara dalam konferensi pers di Tokyo, 14 Oktober 2021. Korea Selatan mengecam Kishida karena memberi persembahan ke Kuil Yasukuni, Minggu (17/10/2021). (Sumber: Eugene Hoshiko/AP Pool)

TOKYO, KOMPAS.TV - Perdana menteri (PM) Jepang yang belum lama dilantik, Fumio Kishida, dikecam gara-gara kiriman persembahan untuk acara keagamaan, Minggu (17/10/2021). Pasalnya, Kishida mengirim persembahan ke kuil yang kontroversial karena dianggap mencerminkan agresi Jepang pada Perang Dunia Kedua.

Kishida diketahui mengirim ornamen masakaki untuk keperluan festival musim gugur di Kuil Yasukuni. 

Namun, PM yang baru dilantik pada awal Oktober 2021 ini tidak menyambangi kuil secara langsung. Pada hari yang sama, Kishida diketahui mengunjungi wilayah yang diterjang tsunami pada 2011 di Tohoku, utara Jepang.

Baca Juga: Kaisar Naruhito Melantik Fumio Kishida Jadi PM ke-100 Jepang

Meskipun demikian, gestur Kishida ke Kuil Yasukuni tetap dikecam berbagai pihak. PM Jepang dianggap tak menunjukkan penyesalan atas kejahatan perang Jepang selama Perang Dunia Kedua.

China dan Korea Selatan, dua korban kekejaman perang Jepang, menganggap Kuil Yasukuni sebagai simbol militerisme negara itu. Pasalnya, kuil ini menyemayamkan arwah eks militer Jepang yang didakwa sebagai penjahat perang.

Pendahulu Kishida, PM Yoshihide Suga, diketahui pernah menempuh langkah yang sama, memberi persembahan ke Yasukuni tanpa menyambanginya sendiri.

Kuil tersebut dijauhi pejabat tinggi Jepang usai kunjungan PM Shinzo Abe yang diprotes keras China dan Korea Selatan pada 2013.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korsel sendiri memprotes Jepang atas tindakan Kishida yang mengirim persembahan ke Yasukuni.

Pada Minggu (17/10), Kemlu Korsel menyatakan “penyesalan dan kekecewaan mendalam” atas persembahan itu.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19