Kompas TV nasional gaya hidup

Membedah Kelebihan Rumah Hook yang Banyak Diminati Meski Harganya Mahal

Kompas.tv - 17 Oktober 2021, 20:33 WIB
membedah-kelebihan-rumah-hook-yang-banyak-diminati-meski-harganya-mahal
Ilustrasi rumah hook, yang begitu diminati banyak orang karena memiliki beberapa kelebihan. (Sumber: rumahminimalis-com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rumah tipe hook, yakni yang berada di sudut jalan dalam area perumahan, biasanya menjadi rebutan para konsumen.

Menurut banyak orang, rumah hook itu memiliki banyak kelebihan dan nilai investasi yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, para pengembang perumahan pun biasanya menawarkan rumah hook dengan harga relatif lebih mahal dari unit lain yang letaknya ada di tengah, depan, atau belakang kompleks.

Namun, nyatanya bukan hanya pasal letak yang begitu menjajikan dari sisi investasi yang membuat rumah hook itu mahal, karena masih ada alasan lainnya.

Baca Juga: Banyak Perumahan Gunakan Nama Kota-Kota di Luar Negeri, Ini Penjelasannya

Menurut Wakil Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya, tingginya harga rumah hook juga dipengaruhi oleh dua sisi bangunannya yang menghadap ke jalan.

"Kenapa (rumah hook) lebih mahal harganya, karena secara konstruksi biayanya lebih besar. Misalnya harus bangun dua pagar sekeliling dan biaya-biaya lainnya," kata Bambang dikutip dari Kompas.com, Minggu (17/10/2021).

Harga jual rumah hook, Bambang menambahkan, biasanya lebih mahal 20 persen dari unit lain yang posisinya berbeda.

Selain itu, karena memiliki dua muka bangunan, rumah hook juga memiliki kelebihan berupa sirkulasi dan pencahayaan alami yang lebih baik sehingga banyak orang mengincarnya.

Baca Juga: Tak Sekadar Stigma, Berikut Penjelasan Logis Soal Rumah 'Tusuk Sate' yang Jarang Diminati



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x