Kompas TV olahraga kompas sport

Waduh, Indonesia Tak Boleh Kibarkan Merah Putih di Final Piala Thomas 2020, Ada Apa?

Kompas.tv - 17 Oktober 2021, 16:49 WIB
waduh-indonesia-tak-boleh-kibarkan-merah-putih-di-final-piala-thomas-2020-ada-apa
Ilustrasi Bendera Indonesia. Bendera Merah Putih tak akan berkibar meski tim bulu tangkis Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020. (Sumber: Istimewa/Kompastv)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

AARHUS, KOMPAS.TV - Kabar tak menyenangkan datang dari ajang Piala Thomas 2020. Kontingen Indonesia di Piala Thomas dikabarkan tidak akan bisa menyaksikan bendera Merah Putih berkibar di Ceres Arena, Denmark.

Pasalnya, Indonesia tengah mendapatkan sanksi dari Badan Anti Doping Dunia atau WADA.

Alhasil, Bendera PBSI akan menjadi ganti dari Merah Putih untuk berkibar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Termasuk ketika tim bulu tangkis Indonesia akhirnya menjadi juara Piala Thomas 2020, maka Bendera PBSI-lah yang akan berkibar.

Baca Juga: Thomas Cup 2020: Indonesia vs China, Juara Bertahan Lawan Peraih Gelar Terbanyak

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto, sebelumnya juga pernah mengabarkan hal serupa beberapa hari lalu.

Melalui cuitannya, ia mengabarkan jika kemungkinan bendera Merah Putih tak akan berkibar meski tim Indonesia naik podium.

"Ada kemungkinan besar untuk TUC (Thomas & Uber Cup), kalau ada team kita naik podium, bendera Indonesia tidak dikibarkan. Kita harap MOU antara Menpora dan WADA secepatnya," kata pria yang akrab disapa Rudy dilansir dari Tribunsport, Minggu (17/10/2021).

Kini, ia kembali membuat cuitan yang menyangkut masalah bendera kebangsaan,

Pada cuitan yang ia buat Sabtu (16/10) kemarin sekira pukul 15.00 WIB, ia mengunggah gambar bendera PBSI.

Itu seakan menjadi penguat dari tweet-nya yang mengabarkan soal bendera Merah Putih yang tak akan dikibarkan di ajang Thomas dan Uber Cup 2020.

Tim bulu tangkis Indonesia sendiri tinggal selangkah lagi mengakat tropi Piala Thomas 2020 jika mampu mengalahkan tim kuat China pada partai final yang akan berlangsung malam ini mulai pukul 18.00 WIB.

Sebelumnya, Indonesia diketahui harus menerima sanksi dari Badan Anti Doping Dunia atau WADA.

Salah satu sanksi yang didapat Indonesia adalah tidak berhak menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat benua atau dunia, sebagaimana dikutip dari laman resmi WADA.

Bentuk sanksi lainnya yang didapat Indonesia adalah larangan untuk mengibarkan bendera kebangsaan selain di ajang sekelas Olimpiade.

Sanksi itu berlaku setidaknya selama satu tahun.

Indonesia sejatinya tidak sendirian dalam menghadapi sanksi ini di ajang TUC (Thomas dan Uber Cup).

Ada juga Kontingen Thailand akan menghadapi hal yang sama pada momen kemenangan di ajang Piala Uber 2022. Thailand akan mengibarkan bendera Badminton Thailand.

Baca Juga: Jadwal dan Susunan Pemain Final Piala Thomas 2020 Indonesia Lawan China



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x