Kompas TV klik360 sisi tv

Kenapa Squid Game Bisa Trending? Simak Penjelasan Berikut Ini...

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Squid Game adalah serial 9 episode dari Korea Selatan. Film ini sempat jadi trending 1 di 83 negara yang ada layanan Netflixnya.

Squid Game bercerita tentang 456 orang dari berbagai latar belakang, yang putus asa karena terlilit hutang dalam jumlah besar.

Orang-orang ini kemudian mendapat undangan dari seseorang yang misterius, untuk ikut dalam suatu permainan.

Di permainan itu, peserta dijanjikan hadiah besar untuk dapat melunasi hutang mereka.

Baca Juga: Netflix Nobatkan ‘Squid Game’ jadi Serial Paling Populer, Kalahkan ‘Bridgerton’

Menurut peneliti pusat riset masyarakat dan budaya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ranny Rastati ada formula khusus yang membuat suatu tayangan populer, dan menarik hati banyak orang.

Salah satunya yaitu, kekuatan cerita yang dekat dengan realitas kehidupan.

"Kondisi ekonomi yang sulit karena pandemi sehingga banyak orang yang kesulitan keuangan," kata Ranny seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (3/10/2021).

Baca Juga: Serial Squid Game Bikin Penjual Dalgona di Korsel Kebanjiran Rezeki

Seorang akademisi dari Universitas Samgyung, Korea Selatan, Profesor Kim Pyeong-Gang, punya pendapat yang sama dengan Ranny.

"Orang-orang, terutama generasi muda, yang secara sering menderita keterasingan dan kebencian dalam kehidupan nyata, tampaknya bersimpati dengan para karakter," ujar Kim Pyeong-Gang seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (1/10/2021).

Bahkan sutradara Squid Game, Hwang Dong-Hyuk, turut memperkuat pernyataan Ranny dan Profesor Kim.

"Orang-orang tertarik dengan ironi bahwa orang dewasa yang putus asa mempertaruhkan hidup mereka untuk memenangi permainan anak-anak," tutur Hwang Dong-Hyuk seperti mengutip Kompas.com dari BBC, Jumat (1/10/2021).

Video Editor: Agung Ramdani

Penulis : Aryo bimo

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19