Kompas TV nasional peristiwa

Kisruh Formula E Jakarta: DPRD Terbelah hingga Resmi Ditetapkan Jadi Tuan Rumah

Kompas.tv - 17 Oktober 2021, 09:53 WIB
kisruh-formula-e-jakarta-dprd-terbelah-hingga-resmi-ditetapkan-jadi-tuan-rumah
Ajang Balap Formula E (Sumber: FIA Formula E)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - FIA World Motor Sport Council resmi menetapkan Jakarta sebagai tuan rumah ajang balap Formula E pada Jumat (15/10/2021). 

Melansir situs resmi FIA Formula E, akan ada 16 balapan yang tersaji selama musim ke-8 yang berlangsung di 16 lokasi, dari Diriyah, Berlin, Roma, New York, hingga Jakarta. 

Race pertama akan berlangsung di kota Diriyah, Arab Saudi mulai 28 Januari 2022 mendatang. Sementara Jakarta kebagian round 9 yang akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 mendatang.

Pro Kontra Formula E

Sebelum Jakarta diresmikan menjadi tuan rumah, gelaran Formula E mengundang pro dan kontra di kalangan pihak legislatif.

Bahkan ajang Formula E memecah belah DRPD DKI Jakarta menjadi dua kubu, pro dan kontra. 

Baca Juga: Anies Rencanakan Formula E di Pulau Reklamasi, Politikus PDIP Singgung Isu Lingkungan

Dua Fraksi DPRD DKI Ajukan Interpelasi

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajukan interpelasi Formula E pada Kamis (26/8/2021) lalu untuk memanggil dan mempertanyakan mengenai gelaran ini kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pengajuan interpelasi ini untuk mempertanyakan gelaran Formula E yang berpotensi menyebabkan kerugian di tengah pandemi Covid-19. 

Interpelasi ini kemudian dilanjutkan pada Rapat Paripurna Interpelasi yang digelar pada Selasa (28/9/2021) lalu. Namun, rapat paripurna ini kandas karena jumlah anggota yang menghadiri rapat tidak kuorum.

Rapat Paripurna hanya dihadiri oleh 32 anggota dengan rincian 25 anggota PDI Perjuangan dan 7 anggota PSI. Sementara untuk mencapai kuorum rapat harus dihadiri minimal 53 anggota dewan.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai bahwa perpecahan antara kubu pendukung dan penolak interpelasi Formula E sebagai sebuah drama politik. 

"Sama-sama kita saksikan drama politik yang terjadi di DPRD DKI Jakarta hari ini," kata Gembong di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9/2021). 

Baca Juga: Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, PDIP Soroti Pelanggaran Aturan hingga Transparasi

Tujuh Fraksi Dukung Anies Gelar Formula E

Sementara itu, tujuh fraksi DPRD DKI Jakarta sepakat menolak pengajuan hak interpelasi terkait dengan gelaran Formula E.

Ketujuh fraksi tersebut adalah Fraksi NasDem, Golkar, Gerindra, PKS, PAN, Demokrat, dan PPP-PKB. 

Penolakan tujuh fraksi ini bermula dari beredarnya foto tujuh pimpinan fraksi DPRD DKI Jakarta tersebut mengadakan pertemuan di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berlokasi di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/8/2021) malam. 

Salah satu pembahasannya ialah terkait isu Formula E. 

"Prinsipnya bahwa tujuh fraksi sepakat untuk tidak ikut interpelasi," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik, dalam rekaman suara, Jumat (27/8/2021). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x