Kompas TV internasional kompas dunia

7 Fakta Letusan Gunung Berapi Cumbre Vieja di La Palma Spanyol

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 23:30 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Berikut adalah fakta-fakta terkait gunung berapi Cumbre Vieja di Pulau La Palma, Spanyol, yang meletus dan meninggalkan kerusakan cukup luas.

1. Letusan gunung terjadi pada 19 September 2021 sore. Gunung Cumbre Vieja ini meletus dan muntahkan lava pijar, abu, serta kabut asap.

2. Letusan terjadi di sebuah pulau cukup jauh dari wilayah utama negara Spanyol. Letusan terjadi di Pulau La Palma, kawasan Canary, yang mana lebih dekat dengan negara Maroko dan Mauritania di Afrika.

3. Beberapa gempa kecil ikut muncul. Diperkirakan ada empat titik gempa kecil terjadi dengan magnitudo 3.5 dan 3.8 di dekat  kawasan gunung.

4. Sebanyak 6.000 orang lebih terpaksa dievakuasi. Rumah-rumah yang rusak akibat terjangan lava juga bertambah menjadi sekitar 200 rumah.

5. Meninggalkan jejak kerusakan yang cukup luas. Pulau yang semula didominasi warna hijau tanaman berubah menjadi warna hitam terbakar yang berasal dari lava cair yang mulai mendingin.

6. Suhu lava yang dimuntahkan sekitar 1.250 derajat Celsius. Lava pijar yang mengalir tutupi jalanan serta juga merusak rumah-rumah warga.

7. Sudah tidak pernah meletus selama 50 tahun. Gunung Cumbre Vieja ini terakhir diketahui meletus adalah pada tahun 1971.

Sumber foto: AP

Baca Juga: Akibat 2 Kali Gempa Bumi, Lahar Panas Mengalir Deras dari La Palma ke Laut Atlantik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x