Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Merasa Malu: BUMN Sudah Dibukain Pintu, Tapi Tak ada Respon

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 23:08 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dirinya sering malu karena sering membukakan pintu hingga ke luar negeri namun tidak ada respons dari beberapa perusahaan BUMN Indonesia yang kurang memanfaatkan kesempatan tersebut.

Hal ini dia sampaikan saat memberikan arahan kepada para direktur utama BUMN di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (14/10/2021).

“Kita sudah bukain pintu, enggak ada respons apa-apa, ya bagaimana saya. Kadang-kadang saya sering malu, terus terang saja saya. Sudah bukain pintu, bukain pintu, tetapi enggak ada respons ke sana,” kata Jokowi

Baca Juga: Jokowi Jengkel Soal BUMN yang Tidak Berkembang: Kalau Saya Langsung, Tutup Saja!

Jokowi pun mendorong untuk BUMN mencari partner kerja sehingga perusahaan yang dikelolanya bisa menjadi besar.

Jokowi mencontohkan di bidang kesehatan, bahwa harus ada pembenahan dalam infrastruktur dan fasilitas kesehatan. Bahkan Jokowi jelaskan sudah membuka akses terkait kerja sama dengan negara lain, seperti Bangladesh dan India.

Namun, menurut dia, BUMN yang terkait dengan bidang kesehatan masih belum responsif menindaklanjuti hal tersebut.

“Bukain ke Bangladesh, bukain ke India, data pun sendiri, Perdana Menteri Narendra Modi, di sini enggak merespons bagaimana, sampai nanyain dua kali ke saya, enggak kirim tim ke sini. Enggak ada tindak lanjut,” ujar dia.

Selain itu, Jokowi juga soroti soal ketahanan pangan. Ia sampaikan bahwa aspek ketahanan pangan sangat penting bagi suatu negara di tengah adanya perubahan iklim.

“Dan sudah diprediksi akan terjadi krisis pangan, ya ini kesempatan kita,” ujar dia.

Namun, Jokowi terlihat jengkel karena kurangnya peran BUMN dalam memanfaatkan situasi tersebut di Indonesia.

Bahkan berbagai wilayah Indonesia memiliki hamparan lahan datar yang sangat luas dan air yang melimpah, misalnya di Merauke, Mapi, dan Boven Digoel.

“Tanah masih luas sekali, masih gede sekali, tapi yang merancang jangan kecil-kecillah,”ujar Jokowi.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x