Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Waspada Jika Urine Beraroma Amonia, Begini Kata Pakar

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:08 WIB
waspada-jika-urine-beraroma-amonia-begini-kata-pakar
Aroma urine dapat menjadi penanda terjadinya sesuatu di dalam tubuh. Hal itu disampaikan oleh ahli urologi, Petar Bajic, MD. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Aroma urine dapat menjadi penanda terjadinya sesuatu di dalam tubuh. Hal itu disampaikan oleh ahli urologi, Petar Bajic, MD.

Dilansir Cleveland Clinic, sebagian besar urine membawa sedikit bau. Alasannya sederhana, yakni karena kandungan urine terdiri dari sekitar 95% air, dan sisanya merupakan produk limbah kalsium, nitrogen, kalium, dan banyak lagi, yang disaring oleh ginjal Anda.

Jika tubuh mengalami dehidrasi, persentase air dalam urine akan menurun dan limbah yang disaring menjadi lebih menonjol. Itu menyebabkan aroma yang lebih kuat, kata Bajic. (Dehidrasi juga mengubah warna urine Anda menjadi lebih gelap, tapi itu diskusi yang berbeda.)

Namun, bukan hanya minuman yang dapat memengaruhi aroma keluaran kandung kemih, tetapi juga makanan.

Asparagus dapat menyebabkan urine berbau belerang, misalnya. Tubuh mengubah asam dalam asparagus menjadi senyawa yang mengandung belerang, yang menciptakan hasil yang menyengat.

Peminum kopi juga dapat mengenali aroma tertentu yang muncul saat berada di kamar mandi. Kubis Brussel, bawang bombay dan bawang putih juga bisa menambah rasa tertentu pada urine.

Baca Juga: Penyebab Napas dan Urine Bau Setelah Makan Jengkol dan Petai

Selain itu, berbagai obat dan suplemen dapat memberikan aroma tertentu pada kencing.

"Ini semua benar-benar normal," kata Dr. Bajik. "Itu mencerminkan kehidupan yang Anda jalani."

Meski demikian, tidak setiap aroma urine yang unik dapat dijelaskan hanya dengan diet. Terkadang, aroma menyengat menjadi tanda peringatan dari masalah kesehatan mendasar yang perlu mendapat perhatian, kata Bajic.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Oknum Anggota Polri Dipecat

Selasa, 7 Desember 2021 | 19:50 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19