Kompas TV regional berita daerah

50 % Kios Pasar Tutup Karena Terdampak Pandemi

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 18:24 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - sebanyak 50 persen kios pedagang pasar di Madiun, Jawa Timur, masih belum dibuka oleh pemiliknya sejak awal masa pandemi covid-19. Hal ini dikarenakan para pemilik kios dan los yang ada masih ragu serta enggan membuka kios mereka. Dengan alasan kondisi pasar yang dinilai masih sepi pengunjung  serta sektor ekonomi yang belum pulih seratus persen.

Dampak pandemi covid-19 masih dirasakan oleh para pedagang yang menempati kios dan los di sejumlah pasar tradisional Madiun, Jawa Timur. h
Hingga saat ini, para pedagang masih enggan membuka kios mereka dengan alasan jika sektor jual beli belum pulih sepenuhnya seperti  sebelum masa pandemi covid 19.

Seperti di pasar Caruban Baru, pada status PPKM level 3 Madiun, aktivitas pengunjung pasar terlihat sudah mulai ada peningkatan meski tidak begitu signifikan. Namun dari total 1.234 kios dan los yang ada di pasar ini hanya 413 kios saja yang telah dibuka pemiliknya. Sisanya memilih belum buka karena dengan berbagai alasan termasuk belum pulih nya aktivitas jual beli dan juga sektor ekonomi. Adapun kios yang telah mulai buka di pasar ini diantaranya adalah sejumlah kios sembako dan jual beli pakaian.

Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro setempat membenarkan fakta ini. Dari data yang ditunjukkan ada total 20 pasar daerah di Madiun yang mengalami hal serupa. Bahkan dari total 4.620 kios dan los yang ada di pasar pasar tradisional seluruh Kabupaten Madiun, kini baru 50 persen atau sekitar 2.269 kios ataupun los yang dibuka oleh pemiliknya.

Meski begitu, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro telah memberikan arahan kepada para pemilik kios agar segera membuka kios maupun los mereka, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, dari total 2.269 kios se Kabupaten Madiun yang telah mulai beraktivitas, sebanyak 1.606 pemiliknya  telah usai menjalani program vaksinasi covid-19 di wilayah domisili masing masing.

#beritamadiun
#pasartradisional
#pasartutup
#pasar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.