Kompas TV regional berita daerah

Melihat Nasi Goreng Robot Yang Viral di Kota Malang

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:00 WIB

MALANG,KOMPASTV- Nasi goreng robot, begitulah julukan ini disematkan pada penjual nasi goreng yang ada di Jalan Muharto gang 5 Kota Malang

Dardadi, adalah sosok di balik nasi goreng robot ini.

Julukan ini memang cocok untuk nasi goreng buatannya. Pasalnya, untuk membuat nasi goreng Dardadi bersama istrinya menggunakan alat bantu robot.

Alat ini berfungsi seperti tangan yang mengaduk nasi dan bumbu hingga tercampur rata. Alasan sang penjual membuat alat bantu ini setelah dirinya mengalami kecelakaan tunggal beberapa tahun yang lalu, hingga mengakibatkan tangan kirinya patah.

Sejak kejadian tersebut tangan kiri Dardadi tidak berfungsi dengan baik. Kecelakaan juga memaksanya beristirahat dan tidak berjualan.

Namun desakan ekonomi membuat Dardadi harus bangkit dan berjualan kembali. Karena tangan kiri tidak berfungsi normal dan tidak bisa mengangkat beban berat, Ia merasa kesulitan saat memasak nasi goreng.

Pria inipun berpikir keras untuk membuat alat yang bisa membantunya bekerja. Dengan keterampilannya di bidang elektronik, Dardadi yang lulusan Sekolah Dasar lalu membuat sendiri robot yang bentuknya menyerupai jari tangan ini. 

Di awal pembuatan, kegagalan demi kegagalan ia temui. Namun karena kegigihannya, setelah satu tahun robot inipun jadi, dan sesuai dengan yang Ia inginkan.

"Kalo bahan bakunya dari dinamo stater kendaraan motonya renovasi sendiri, kalo gagal satu tahunan tiap hari pulang kerja malem sampe mau kerja lagi kalo ga cocok bongkar lagi" ujar Dardadi (Kamis,15/10/2021)

Karena keunikannya inilah, nasi goreng robot viral. Tak sedikit pembeli yang datang karena penasaran dengan kreatifitas Dardadi. 

Cara memasak nasi goreng inipun seolah menjadi atraksi tersendiri bagi pembeli.

"Baru tau sih tadi di instagram, karena baru pertama di Malang diibantu pakai robot makanya tertarik ingin tahu" kata salah satu pembeli, Mei yang sengaja datang mencari nasi goreng robot.

Karena terbuat dari baja, robot inipun tidak mudah berkarat. Selain itu menurut Dardadi setiap hari robot buatannya ini Ia bersihkan dengan menggunakan sabun pencuci piring dicampur air panas.

#viralmalang #nasigorengrobot

Penulis : KompasTV Malang

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19