Kompas TV nasional sosial

PT KAI Luncurkan Kereta Pengangkut Semen Berkapasitas Angkut 400 Ton per Hari

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 17:59 WIB
pt-kai-luncurkan-kereta-pengangkut-semen-berkapasitas-angkut-400-ton-per-hari
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan kereta api barang angkutan semen dengan kapasitas angkut sebanyak 400 ton per hari. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

LAMONGAN, KOMPAS.TV – PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan kereta api barang angkutan semen dengan kapasitas angkut sebanyak 400 ton per hari.

Dilansir laman resmi PT KAI, Sabtu (16/10/2021), PT KAI (Persero) dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan KA Barang Angkutan Semen relasi Babat-Jakarta Gudang.

Kereta tersebut akan melayani volume 400 ton semen per hari terdiri dari 10 Gerbong Datar dengan jarak sejauh 770,5 km dan waktu tempuh sekitar 14 Jam.

Pada perjalanan perdana, KAI mengangkut 280 ton atau setara dengan 7 Gerbong Datar (GD).

Peresmian dan pemberangkatan perdana angkutan semen tersebut dilakukan oleh Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah, Plt. Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah dan Direktur Utama PT Semen Gresik, Subhan di Stasiun Babat, Kabupaten Lamongan pada Jumat (15/10).

"KAI mengucapkan terima kasih kepada Semen Indonesia Group yang telah memilih Kereta Api untuk distribusi semennya. Layanan kereta api ini diharapkan dapat memberikan kemudahan Semen Indonesia Group dalam mengelola rantai logistik secara efisien," ujar Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah.

Baca Juga: Catat! Ini Syarat Naik Pesawat dan Kereta Api Selama PPKM 5-18 Oktober 2021

Dadan menambahkan, pihaknya berharap dengan adanya kerja sama ini akan mendorong para pelaku usaha lainnya untuk dapat mengalihkan angkutannya ke angkutan kereta api.

"Semoga semangat sinergi BUMN serta kolaborasi ini dapat terus digaungkan dan terus terjalin di berbagai wilayah KAI Group dan Semen Indonesia Group lainnya," tuturnya.

Menurutnya, angkutan menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan, di antaranya, ramah lingkungan karena satu rangkaiannya bisa mengangkut barang dalam jumlah yang banyak.

Distribusi barang dengan kereta api juga mengutamakan keamanan, keselamatan, dan ketepatan waktu.

PT KAI juga melibatkan anak usahanya, KAI Logistik dalam kerja sama sinergis antar-BUMN ini. KAI Logistik akan mengelola kegiatan mulai dari distribusi, hingga kegiatan prapurna penunjang seperti layanan trucking untuk penjemputan muatan dari plant hingga ke stasiun muat, kegiatan bongkar muat baik dari truk ke KA atau sebaliknya hingga jasa pergudangan untuk penyimpanan muatan semen.

“Sebelum dioperasikan secara perdana, uji coba juga telah dilaksanakan sebanyak dua kali pada 11 dan 12 Oktober lalu dengan total muatan uji coba 800 ton dengan hasil evaluasi baik sehingga angkutan dapat dioperasikan secara reguler,” kata Plt. Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah.

Baca Juga: PT KAI Pangkas Waktu Tempuh Sejumlah Kereta Api Jarak Jauh

Menurutnya, KAI Logistik juga telah menerapkan inovasi pada model pengangkutan angkutan semen, yakni mengombinasikan gerbong datar, palet, terpal dan tali lashing dengan spesifikasi khusus.

“Sehingga memungkinkan kapasitas angkut yang maksimal, kemudahan bongkar muat dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan barang selama pengiriman” jelasnya.

Angkutan barang terus menjadi andalan KAI di masa pandemi Covid-19 ini. Pada periode Januari s.d September 2021, KAI mengangkut 37,2 juta ton barang, meningkat 10 persen dibanding periode yang sama di tahun 2020 sebesar 33,7 juta ton barang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.