Kompas TV regional agama

Muhammadiyah Gelar Vaksinasi Lintas Agama, Haedar Nashir: Usaha Kolektif Melawan Covid-19

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:38 WIB
muhammadiyah-gelar-vaksinasi-lintas-agama-haedar-nashir-usaha-kolektif-melawan-covid-19
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir membuka vaksinasi lintas agama yang dilakukan Muhammadiyah di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Nusa Tenggara Timur, Jumat (15/10/2021). (Sumber: dok PP Muhammadiyah)

NUSA TENGGARA TIMUR, KOMPAS.TV - Organisasi Islam Muhammadiyah menggelar vaksinasi lintas agama di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Katolik, Ledalero, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat, (15/10/21). Menurut Ketua Umum Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya dan langkah bersama untuk menghadapi Covid-19, serta merawat kebinekaan.

“Kegiatan (vaksinasi lintas agama) ini merupakan ikhtiar kita bersama menghadapi Covid-19 yang sudah menjadi masalah bersama bukan hanya di Indonesia bahkan di ranah global. Dengan meletakkan Covid-19 sebagai masalah bersama, maka diperlukan komitmen kolektif kita secara inklusif dari seluruh keluarga besar bangsa tanpa ada perbedaan agama, suku, ras, golongan dan berbagai perbedaan lainnya,” papar Haedar sebagaimana dikutip dari situs resmi Muhammadiyah.

Guru besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga menjelaskan, upaya vaksinasi dengan menggandeng pihak-pihak lintas agama sebagai cara untuk meneguhkan perbedaan sebagai alat bersama untuk melawan Covid-19, bukan malah menjadi pemecah belah.

“Justru dengan perbedaan itu kita bisa menyangga bersama agar kita bisa melakukan usaha kolektif untuk selesainya Covid-19 ini,” tandasnya.

Baca Juga: Azan Disorot Media Asing, Muhammadiyah: Kalau Dikumandangkan Sempurna, Insya Allah Tidak Ganggu

Lebih lanjut, Haedar pun berterima kasih kepada STF Katolik Ledalero sebagai tuan rumah acara vaksinasi lintas agama seraya menyampaikan harapan bahwa Indonesia milik bersama, bukan hanya milik satu agama.

“Dengan segala keramahan dan kebaikan dari keluarga besar dan civitas akademika sekolah Tinggi Filsafat Katholik Ledalero, kami sampaikan terimakasih. Mari kita rajut terus kebersamaan kita bahwa Indonesia milik bersama,” jelas Haedar.

Hal itu diamini oleh Rektor STF Katholik Ledalero Otto Gusti Madung. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Pusat dan Daerah Muhammadiyah karena telah menggandeng pihaknya dalam pelaksanaan acara vaksinasi lintas agama.

Ia memuji Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang besar dan menyoroti komitmen organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan itu dalam menjaga Indonesia.

“Peristiwa hari ini adalah bukti nyata inklusifitas Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia dan bukti komitmen Muhammadiyah dalam merawat Indonesia yang satu dalam kebhinekaan," tandas Otto. 

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19