Kompas TV internasional kompas dunia

47 Orang Tewas, Imbas Bom Bunuh Diri di Masjid Afghanistan

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 14:38 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Afghanistan kembali diguncang bom bunuh diri.

Kali ini peristiwa tersebut terjadi di sebuah masjid Fatimiya yang dipenuhi jamaah yang menghadiri salat Jumat di Afghanistan selatan.

Dilansir dari APTN, kata seorang pejabat Taliban menewaskan sedikitnya 47 orang dan melukai 70 orang.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas pembantaian di masjid Fatimiya di provinsi Kandahar.

Serangan itu terjadi seminggu setelah pengeboman yang diklaim oleh afiliasi ISIS setempat menewaskan 46 orang di sebuah masjid Syiah di Afghanistan utara.

Ada kemarahan dan kesedihan di antara kerabat yang tewas dan terluka.

Baca Juga: Serangan Bom Bunuh Diri saat Salat Jumat Kembali Guncang Afghanistan, 37 Tewas

Kepala Departemen Kesehatan Provinsi Kandahar Mawlavi Hafez Abbas mengatakan ada beberapa pasien dengan cedera kepala yang serius.

“Kami telah memberitahu mereka bahwa jika perawatan mereka tidak memungkinkan di sini, kami akan memindahkan mereka ke Kabul untuk dirawat. Jumlah terakhir yang kami miliki menunjukkan 70 orang terluka dan lebih dari 40 lainnya tewas syahid,”kata Hafez Abbas.

Majelis Syiah Ahl al-Bayt, sebuah masyarakat keagamaan global, mengutuk serangan di Kandahar, menuduh pasukan keamanan di Afghanistan "tidak mampu" menangani serangan semacam itu.

ISIS telah mengklaim sejumlah pemboman mematikan di seluruh negeri sejak Taliban merebut kekuasaan pada Agustus di tengah penarikan pasukan AS.

Jika serangan itu dilakukan oleh IS, itu akan menjadi serangan besar pertama oleh kelompok ekstremis di Afghanistan selatan sejak kepergian AS memungkinkan Taliban untuk mengkonsolidasikan kendali atas negara itu.

Video Editor: Vila



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x