Kompas TV religi beranda islami

3 Perilaku Sederhana Nabi Muhammad yang Bisa Ditiru

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 15:29 WIB
3-perilaku-sederhana-nabi-muhammad-yang-bisa-ditiru
Ilustrasi. Alquran merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad. Mumpung kita sedang berada di bulan maulid Nabi, mari kita meniru sifat-sifat Nabi Muhammad. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nabi Muhammad dikenal karena sifat-sifatnya yang mulia. Kita sebagai umatnya dianjurkan untuk meneladani dan meniru sifat-sifat beliau. Bulan maulid Nabi menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk mencoba meneladani perilaku beliau. Meskipun harus diakui kita tidak akan pernah bisa 100 persen menyamai Nabi. Tapi setidaknya kita mencoba untuk mendekati sifat-sifat beliau.

Dalam diri Nabi Muhammad terdapat sebuah tuntunan bagi kehidupan sehari-sehari umat manusia. Mulai dari urusan ibadah hingga persoalan yang terkait dengan kehidupan sosial bermasyarakat.

Lagipula, mumpung Rabiul Awal atau bulan maulid Nabi belum usai, tentu saja kita ingin mendapatkan keberkahan dari beliau, bukan?

Berikut 3 perilaku sederhana Nabi Muhammad yang bisa kita tiru:

Pertama, mengutamakan akhlak.

Nabi Muhammad SAW selalu mengutamakan akhlak dalam kehidupannya. Itulah kenapa Islam dapat berkembang hingga ke seluruh dunia.

Akhlak mulia yang menjadikan Nabi begitu dihormati, tidak hanya oleh orang-orang Islam tapi juga oleh mereka yang berasal dari agama-agama lain.

Rasul juga menegaskan, bahwa beliau diutus oleh Allah SWT untuk memperbaiki akhlak.

Rasul bersabda:

”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang sholeh”. (HR: Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab Syu’bil Iman dan Hakim).

Nah, ini bisa kita lakukan dengan senantiasa berbuat baik, ramah kepada sesama dan menghormati mereka yang berbeda pandangan dengan kita.

Akhlak adalah cerminan diri seorang muslim yang dapat dengan mudah dilihat orang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x