Kompas TV olahraga kompas sport

China dan Brunei Mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Shin Tae-yong: Timnas Dirugikan

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 08:17 WIB
china-dan-brunei-mundur-dari-kualifikasi-piala-asia-u-23-2022-shin-tae-yong-timnas-dirugikan
Shin Tae-yong ingin para pemain Timnas Indonesia tampil lebih berani dan percaya diri di pertandingan leg kedua Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 lawan Taiwan, Senin (11/10/2021). (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong menilai tim nasional (timnas) Indonesia dirugikan dengan mundurnya China dan Brunei Darussalam dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. 

Awalnya, Indonesia tergabung di Grup G bersama China, Brunei Darussalam, serta Australia. Tetapi, China serta Brunei memutuskan mengundurkan diri. 

Alhasil, Indonesia hanya akan menghadapi Australia pada 27 dan 30 Oktober 2021 mendatang di Tajikistan. 

Baca Juga: Bangganya Shin Tae-yong dan Iwan Bule dengan Perkembangan Para Pemain Timnas Indonesia

Namun, Indonesia bakal dirugikan dengan mundurnya dua negara tersebut. 

Pasalnya, yang dapat lolos ke putaran selanjutnya hanyalah juara grup dan runner up terbaik. Indonesia bakal kehilangan kesempatan mengumpulkan banyak poin untuk memperebutkan status peringkat kedua terbaik.

Artinya, laga dua leg melawan Australia harus dimenangkan Indonesia jika tidak tersingkir.

Dari 42 peserta Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, hanya 15 tim yang akan lolos. Ke-15 terdiri dari 11 juara grup serta 4 runner up terbaik. 

Baca Juga: Singkirkan Taiwan, Shin Tae-yong Puas Timnas Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

"Keadaan ini sangat tak adil bagi kita. Jadi setelah drawing seleaai, Brunei mengundurkan diri dan dari situ saja sudah sebenarnya di situasi yang sangat merugikan kita," ujar Shin Tae-yong dikutip dari BolaSport.com.

"Sampai Tiongkok mengundurkan diri dan sekarang ruginya itu karena tak ada peringkat dua, tetapi hanya peringkat satu yang lolos kualifikasi. Jadi dari pihak AFC pun harus mempertimbangkan masalah yang terjadi seperti ini," tambahnya.



Sumber : bolasport.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.