Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Pendamping Prabowo di Pilpres 2024 Adalah Penentu - Opini Budiman

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 09:05 WIB
Penulis : Aryo bimo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, didorong untuk maju dalam Pemilu Presiden 2024.

Sejumlah elite partai Gerindra, seperti Sekjen partai Gerindra Ahmad Muzani, menegaskan niat Gerindra mengajukan Prabowo, yang juga ketua umum partai Gerindra, dalam Pemilu 2024.

“Saya katakan 2024 pak Prabowo insya Allah akan maju dalam laga Pilpres. Majunya beliau, karena begitu masifnya permintaan kita semua. Besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut dan cita-cita berpartai belum terwujud,” kata Muzani, Minggu (10/10/2021)

Sejauh terpantau dalam pemberitaan media, belum ada pernyataan resmi dari Prabowo apakah dirinya  mengamini permintaan elite partai Gerindra untuk maju dalam Pemilu Presiden 2024.

Hingga 2,5 tahun sebelum Pemilu Presiden, modal Prabowo cukup kuat untuk maju dalam Pemilu Presiden 2024. Ada sejumlah faktor disana.

Pertama, sejumlah survei menempatkan Prabowo sebagai Capres terkuat. Mengacu pada survei SMRC terakhir.

Prabowo ditempel Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo mendapat 20,9 persen, Ganjar 19,00 persen dan Anies Baswedan 14.3 persen. Dengan memperhitungkan margin of error, dukungan Prabowo dan Ganjar sama besar.

Kedua, Prabowo adalah satu-satunya ketua umum partai politik dengan popularitas tertinggi. Asosiasi dengan partai politik penting, Prabowo identik dengan Gerindra.

Majunya Prabowo, bisa saja mendongkrak suara partai Gerindra. Gerindra masih harus berkoalisi dengan partai lain, karena syarat mencalonkan sebagai Capres, suara Gerindra masih kurang.

Gerindra punya 13,57 persen kursi DPR. Masih butuh dukungan partai lain. Perkembangan terakhir, PKB telah bertemu dengan Gerindra.

Ketiga, Prabowo menjadi kandidat Presiden paling berpengalaman dalam kontestasi. Sudah tiga kali Prabowo maju dalam Pemilu Presiden. 

Jika maju lagi dalam Pilpres 2024, ini pertarungan kempat dan mungkin juga terakhir bagi Prabowo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.