Kompas TV nasional politik

Kader PDIP Pendukung Ganjar Capres Pertimbangkan Mundur dari Kepengurusan Partai

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 06:10 WIB
kader-pdip-pendukung-ganjar-capres-pertimbangkan-mundur-dari-kepengurusan-partai
Ketua DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Purworejo sekaligus Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan, Albertus Sumbogo. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Purworejo Albertus Sumbogo bakal mempertimbangkan kembali posisinya di kepengurusan partai.

“Nanti akan saya pertimbangkan apakah saya akan mundur dari wakil ketua (DPC PDIP Purworejo)  atau akan tetap di sana justru malah bisa menampung aspirasi dengan lebih baik,” kata Albertus Sumbogo, di Kantor DPP PDIP Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Hal itu dikatakan Albertus kepada wartawan, usai pertemuannya dengan sejumlah pengurus pusat PDIP.

Adapun Albertus diminta datang ke DPP PDIP untuk mengklarifikasi soal dukungannya terhadap  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Baca Juga: PDIP Soroti Pergerakan Kelompok yang Tidak Melakukan Kaderisasi Tapi Sibuk soal Capres

Dukungan Albertus terhadap Ganjar dipersoalkan, karena DPP PDIP telah membuat surat keputusan yang memerintahkan agar kader tidak membicarakan dulu Pemilu Presiden 2024 sebelum diumumkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Kepada wartawan, Albertus mengatakan, dia tidak dijatuhi sanksi oleh DPP PDIP. Bahkan dia melukiskan pertemuan dengan pengurus pusat berlangsung dengan suasana kekeluargaan.

“Enggak ada sanksi, jadi kita enggak bicara soal sanksi, enggak bicara soal peringatan, kita ngomong baik-baik saja sebagai keluarga,“ ujar Albertus.

Baca Juga: PDIP Panggil Wakil Ketua DPC Purworejo untuk Klarifikasi Soal Deklarasi Ganjar sebagai Capres 2024

Menurut Albertus, dirinya berbicara dengan Ketua Dewan Kehormatan Partai Komarudin Watubun.

Meski tidak mendapatkan sanksi, namun Albertus mengaku diminta untuk menegaskan kembali eksistensinya di partai berlambang kepala banteng tersebut. Karena itu, dia pun menyatakan bakal membicarakan hal ini dengan koordinator wilayah PDIP yang menaunginya dan juga berbicara dengan rekan-rekannya di DPC Purworejo.

“Saya nanti rembukan dengan korwil saya, saya rembukan dengan kuasa hukum saya, dengan teman-teman kader, dengan para pendukung itu bagaimana,” paparnya.

Baca Juga: Panas! Isu Banteng dan Celeng Tidak Buat Kader PDIP Terpecah

Menurutnya DPP PDIP memang tidak mempersoalkan dukungan tehadap Ganjar oleh relawan Seknas Ganjar untuk Indonesia (SGI). Karena itu kegiatan SGI bakal tetap berlanjut. Abertus sendiri menjabat sebagai ketua SGI.

Namun yang menjadi persoalan ialah Albertus sendiri juga merupakan pengurus di PDIP. Karena itu dia diminta untuk kembali menegaskan eksistensinya.

"Seknas Ganjar Indonesia mendukung Ganjar ya boleh, tapi selaku wakil ketua DPC PDIP sekaligus Ketua Bapilu itu untuk mengonstruksukan kembali eksistensi saya,” ungkapnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x