Kompas TV regional berita daerah

Viral, Penjual Nasi Goreng di Malang Gunakan Robot Untuk Memasak

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 20:37 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG,KOMPASTV- Nasi goreng robot, begitulah julukan ini disematkan pada penjual nasi goreng yang ada di Jalan Muharto gang 5 Kota Malang

Dardadi. adalah sosok di balik nasi goreng robot ini.

Julukan ini memang cocok untuk nasi goreng buatannya. Pasalnya, untuk membuat nasi goreng Dardadi bersama istrinya menggunakan alat bantu robot.

Alat ini berfungsi seperti tangan yang mengaduk nasi dan bumbu hingga tercampur rata. Alasan sang penjual membuat alat bantu ini setelah dirinya mengalami kecelakaan tunggal beberapa tahun yang lalu, hingga mengakibatkan tangan kirinya patah.

Sejak kejadian tersebut tangan kiri Dardadi tidak berfungsi dengan baik. Kecelakaan juga memaksanya beristirahat dan tidak berjualan.

Namun desakan ekonomi membuat Dardadi harus bangkit dan berjualan kembali. Karena tangan kiri tidak berfungsi normal dan tidak bisa mengangkat beban berat, Ia merasa kesulitan saat memasak nasi goreng.

Pria inipun berpikir keras untuk membuat alat yang bisa membantunya bekerja. Dengan keterampilannya di bidang elektronik, Dardadi yang lulusan Sekolah Dasar lalu membuat sendiri robot yang bentuknya menyerupai jari tangan ini. 

Di awal pembuatan, kegagalan demi kegagalan ia temui. Namun karena kegigihannya, setelah satu tahun robot inipun jadi, dan sesuai dengan yang Ia inginkan.

"Kalo bahan bakunya dari dinamo stater kendaraan motonya renovasi sendiri, kalo gagal satu tahunan tiap hari pulang kerja malem sampe mau kerja lagi kalo ga cocok bongkar lagi" ujar Dardadi (Kamis,15/10/2021)

Karena keunikannya inilah, nasi goreng robot viral. Tak sedikit pembeli yang datang karena penasaran dengan kreatifitas Dardadi. 

Cara memasak nasi goreng inipun seolah menjadi atraksi tersendiri bagi pembeli.

"Baru tau sih tadi di instagram, karena baru pertama di Malang diibantu pakai robot makanya tertarik ingin tahu" kata salah satu pembeli, Mei yang sengaja datang mencari nasi goreng robot.

Karena terbuat dari baja, robot inipun tidak mudah berkarat. Selain itu menurut Dardadi setiap hari robot buatannya ini Ia bersihkan dengan menggunakan sabun pencuci piring dicampur air panas.

#viralmalang #nasigorengrobot



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x