Kompas TV internasional kompas dunia

Siapakah Sally Rooney, Novelis Irlandia yang Berani Bilang Tidak kepada Israel?

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 18:29 WIB
siapakah-sally-rooney-novelis-irlandia-yang-berani-bilang-tidak-kepada-israel
Keputusan novelis Irlandia Sally Rooney untuk menolak sebuah penerbit Israel yang ingin menerjemahkan karya terbarunya ke dalam bahasa Ibrani membuat berang Tel Aviv. (Sumber: Instagram sallyrooneyofficial)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Novelis Irlandia Sally Rooney menolak novel terbarunya diterjemahkan ke dalam bahasa Ibrani oleh sebuah penerbit Israel yang menurutnya terlibat dalam apartheid dan pelanggaran hak-hak rakyat Palestina.

Siapakah Sally Rooney?

Rooney lahir pada 1991. Saat ini, dia tinggal di Castlebar, Irlandia, bersama suaminya, John Prasifka.

"Aku suka kehidupanku yang terkontrol," ujarnya dalam wawancara dengan The New York Times.

"Aku tinggal di pedesaan, dan aku suka berada dalam keadaan terpencil, dan menjadikan pekerjaanku sebagai hal yang utama," imbuhnya.

Rooney merilis novel debutnya Conversations With Friends pada 2017. Novel ini berhasil masuk shortlist untuk Dylan Thomas Prize dan Rathbones Folio Prize. Tidak hanya itu, novel tersebut juga masuk longlist untuk Desmond Elliott Prize.

Novelnya Normal People yang diterbitkan pertama kali pada 2018, masuk longlist untuk Man Booker Prize, penghargaan tahunan yang diberikan kepada novel-novel berbahasa Inggris terbaik yang diterbitkan di Inggris dan Irlandia di tahun yang sama.

Pada 2020, Normal People diadaptasi ke serial televisi dan ditayangkan BBC. Rooney turut membantu penulisan naskah adaptasinya.

Baca Juga: Novelis Irlandia Ini Boikot Penerbit Israel Demi Perjuangkan Hak Rakyat Palestina, Tel Aviv Berang

Novel ketiga dan terbarunya, Beautiful World, Where Are You, diterbitkan pada 2021. Karya terbaru Rooney tersebut menuai pujian dari berbagai media.

“Penulisan terkuat Rooney sejauh ini… Ada kejujuran dan kebenaran yang menyentuh di halaman-halaman ini, bersamaan dengan kepandaian yang sunyi,” tulis Financial Times seperti dikutip dari laman web penerbit buku-buku Rooney untuk kawasan Inggris dan Irlandia, Faber & Faber.

“‘Beautiful World, Where Are You' tidak hanya layak dibaca. Ini layak dipikirkan,” kata Irish Times dikutip oleh Faber & Faber.



Sumber : Kompas TV/Berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.