Kompas TV nasional politik

Pendaftaran Dibuka 18 Oktober, Begini Tahapan Seleksi Bakal Calon Anggota KPU-Bawaslu

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 17:50 WIB
pendaftaran-dibuka-18-oktober-begini-tahapan-seleksi-bakal-calon-anggota-kpu-bawaslu
Juri Ardiantoro, ketua pelaksana Munas dan Konbes 2021 melakukan sambutan di pembuka acara (Sumber: Panitia munas dan konbes Nu 2021)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mulai bekerja. Adapun pendaftarannya dibuka pada 18 Oktober hingga 15 November 2021.

"Jadi 18 Oktober 2021, hari Senin yang akan datang, adalah hari pertama dimulainya masa pendaftaran bakal calon," kata Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (15/10/2021). 

Ia menjelaskan, selanjutnya, pada 10 hingga 16 November akan dilakukan penelitian administrasi dan hasilnya bakal diumumkan pada 17 November 2021. 

Baca Juga: Ini 6 Permintaan Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Terhadap Tim Seleksi Anggota KPU- Bawaslu

Kemudian, pada 24 November, tim seleksi akan menggelar tes tertulis dan makalah, 25 November tes psikologi, dan 25-28 November penelitian makalah. 

Pengumuman hasil seleksi tahap kedua akan digelar pada 3 Desember. Selanjutnya ialah tes psikologi lanjutan yang akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 9-11 Desember 2021 dan tes kesehatan pada 26-30 Desember. 

Lalu, wawancara calon anggota Bawaslu dilakukan 26 sampai 27 Desember. Sementara wawancara bakal calon anggota KPU pada 28-30 Desember. 

Nama-nama calon yang terpilih akan dikirim ke presiden 7 Januari, selanjutnya diteruskan ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. 

"Jadi kami sudah menyusun tahapan atau jadwal seleksi sampai berakhir seleksi nanti," tutur dia. 

Ia menyebut, tahapan seleksi itu bersifat terbuka dan transparan, sehingga publik bisa memantaunya. 

Bahkan, pihaknya juga akan memberikan kesempatan kepada publik untuk memberikan kritik, masukan maupun temuan-temuan yang diperoleh terkait profil calon anggota KPU-Bawaslu. 

Baca Juga: Puan Minta Tim Seleksi KPU-Bawaslu Bekerja secara Transparan dan Akuntabel

Selain itu, lanjut dia, tim seleksi menggandeng pihak atau institusi yang berkompeten dan kredibel untuk membantu kelancaran dan efektivitas kerja. 

"Serta membantu memberikan data dan informasi. Sehingga tim seleksi mampu mendapatkan profil calon secara lengkap," kata Juri.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x